Cara Install dan Menggunakan WhatsApp di iPad dengan WhatsApp Web

WhatsApp merupakan aplikasi Messaging yang cukup populer dan paling banyak digunakan saat ini, sayangnya sampai saat postingan ini ditulis pihak Facebook sebagai pemilik dari aplikasi WhatsApp, belum secara resmi merilis aplikasi WhatsApp bagi pengguna iPad.


Sebagai alternatif sementara sambil berharap aplikasi WhatsApp dirilis untuk iPad kalian bisa menggunakan fitur "WhatsApp Web" yang diakses melalui Browser, sekilas WhatsApp Web merupakan sebuah website resmi milik WhatsApp yang digunakan untuk mengakses akun WhatsApp yang sudah ada di iPhone atau Smartphone kalian.

Selain merupakan sebuah Website, ada beberapa kekurangan yang mungkin cukup vital untuk WhatsApp Web yaitu kalian tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun video call, jadi hanya dapat mengakses fitur Chat saja.

Kalau begitu bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menggunakan WhatsApp di iPad dengan WhatsApp Web

1. Pertama silakan buka browser Safari di iPad kalian kemudian buka website berikut: https://web.whatsapp.com/

2. Jika sudah maka website WhatsApp Web akan menampilkan sebuah Barcode yang harus kalian scan menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel


3. Untuk melakukan Scan Barcode tersebut silakan buka aplikasi WhatsApp di ponsel kalian, kemudian masuk ke menu Pengaturan lalu pilih menu WhatsApp Web/Desktop, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah


4. Jika sudah silakan arahkan kamera di ponsel kalian ke arah barcode pada WhatsApp Web yang ada di iPad

5. Apabila sudah maka akun WhatsApp yang ada pada Ponsel kalian akan tampil pada WhatsApp Web 


6. Terakhir silakan gunakan fitur WhatsApp Web tersebut di iPad kalian seperti layaknya menggunakan aplikasi WhatsApp (minus tidak bisa telepon atau video call)

Informasi Tambahan untuk WhatsApp Web

Akun WhatsApp yang sudah kalian masukan ke dalam WhatsApp Web tadi tidak akan hilang selama kalain tidak melakukan logout secara manual ataupun membersihkan cache pada browser yang digunakan.

Untuk mencari menu untuk melihat status, menghapus chat, membuat chat baru, pengaturan akun, profil, dsb. silakan lihat pada gambar di bawah berikut.


Sisanya kira-kira menu-menunya hampir mirip seperti WhatsApp di ponsel kalian.

Untuk Logout atau mengeluarkan akun WhatsApp kalian dari WhatsApp Web cukup tap pada menu untuk mengatur account kemudian pilih Keluar / Logout, atau kalian bisa melakukannya melalui menu WhatsApp Web langsung dari ponsel.

Menambahkan Pintasan WhatsApp Web ke Homescreen

Nah supaya lebih mudah diakses dan terlihat layaknya sebuah aplikasi, kalian dapat menambahkan icon atau pintasan dari website WhatsApp Web ke Homescreen iPad.

Caranya silakan tap pada menu "Berbagi / Share" pada browser Safari, kemudian pilih menu Tambah ke Layar Utama lalu tap lagi Tambah


Jika sudah maka pintasan untuk website WhatsApp Web akan tampil di halaman utama / homescreen iPad kalian


Bagaimana gampang kan? setidaknya kalian bisa menggunakan WhatsApp di iPad meskipun untuk saat ini dukungan untuk panggilan telepon ataupun video call masih belum tersedia.

Oke, itu saja tutorial cara install dan menggunakan WhatsApp di iPad menggunakan WhatsApp Web, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.