Cara Mengatasi Charging Not Available / Liquid Detected di iPhone

Apabila iPhone kalian menampilkan pesan "Charging Not Available, Liquid has been detected in lightning connector. Disconnect to allow the connector to dry. This may take several hours" atau "Liquid Detected in Lightning Connector, Disconnect to allow the connector to dry. This may take several hours". Hal tersebut menandakan bahwa sistem iPhone telah mendeteksi adanya cairan pada lubang port charger ataupun pada ujung konektor charger lighting yang terhubung ke iPhone.

Namun begitu tidak jarang juga pesan tersebut muncul secara tiba-tiba padahal lubang port charger maupun ujung konektor charger tidak dalam keadaan basah sama sekali (kering).

Perlu diketahui juga bahwa pesan tersebut hanya tampil pada beberapa model iPhone tertentu saja, seperti iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau yang lebih baru, (serta iOS 10 atau lebih baru).

Pastikan Lubang Port Charger / Konektor Charger dalam Keadaan Kering

Untuk mengatasi masalah tersebut, pertama-tama pastikan bahwa lubang port charger iPhone dalam keadaan kering.


Apabila memang terdapat air entah terendam air karena kehujanan, ketumpahan minuman, atau tercebur, kalian cukup mengeringkannya dengan cara memposisikan port charger tersebut ke arah bawah untuk mempermudah air mengalir keluar. Selain itu tunggu hingga beberapa jam untuk memastikan lubang port charger sudah benar-benar dalam keadaan kering.

Selain itu pastikan juga "ujung konektor charger lighting" dalam keadaan kering. Untuk mengatasinya kalian cukup di lap menggunakan kain kering yang halus.


Ingat, basahnya lubang charger atau konektor charger dapat mengakibatkan korosi hingga kerusakan permanen. Selain itu air yang berhasil masuk ke dalam komponen iPhone dapat menyebabkan kerusakan pada iPhone itu sendiri.

Apabila Port Charger dan Konektor Tidak Basah / Kering

Apabila kalian mendapati pesan "Liquid" tersebut namun setelah diperiksa keadaan lubang port dan konektor lighting benar-benar dalam keadaan kering, silakan coba cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Restart iPhone

Sederhananya silakan matikan iPhone kalian kemudian nyalakan kembali

2. Update ke iOS terbaru

Silakan update ke iOS terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak

3. Abaikan Saja

Terdapat kemungkinan pesan liquid tersebut diakibatkan oleh bug pada versi iOS yang digunakan oleh iPhone (tidak menutup kemungkinan juga meskipun sudah menggunakan iOS versi terbaru). Apabila proses charging masih dapat berjalan dengan normal, kalian bisa mengabaikannya sampai ada update iOS versi terbaru yang datang dengan perbaikan masalah ini.

4. Kerusakan Charger

Kabel charger atau adapternya yang mulai mengalami gejala kerusakan biasanya akan menampilkan tanda-tanda aneh seperti pesan liquid tersebut, jadi silakan coba kabel charger yang lain dan lihat hasilnya.

Apabila sudah cara-cara di atas namun masalah belum juga teratasi, ada kemungkinan kerusakan bersumber dari iPhone itu sendiri. Untuk diagnosa yang lebih pasti, sangat disarankan untuk membawa langsung iPhone tersebut ke service Apple di Indonesia atau ke teknisi yang sudah ahli dibidangnya.