Penyebab Layar iPhone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Layar iPhone atau iPad kalian terasa cepat panas? jika ya, maka kalian tidak sendiri, Admin pun pernah mengalami masalah serupa, memang terasa sangat risih dan tidak nyaman ketika menyentuh layar iPhone yang panas tersebut.


Lalu apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi agar layar iPhone tidak mudah panas?

Restart iPhone

Untuk menghindari adanya bug pada iOS yang menyebabkan panas berlebih kalian bisa coba merestart iPhone, sederhananya silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali. Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Kurangi Kecerahan Layar

Nah salah satu penyebab utama mengapa layar iPhone cepat panas datang dari kecerahan layar yang terlalu tinggi, selain itu baterai pada iPhone kalian juga akan terasa lebih cepat habis.

Untuk mengatasinya cukup mudah, silakan kurangi kecerahan layar atau gunakan fitur "Kecerahan-Otomatis" (Auto-Brightness) yang berfungsi untuk menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar, untuk mengaktifkan fitur Kecerahan-Otomatis langsung saja masuk ke aplikasi "Pengaturan" lalu pilih menu Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan-Otomatis.

Hindari Menggunakan iPhone di Ruangan Panas / Terpapar Sinar Matahari Langsung

Apabila kalian sering menggunakan iPhone di dalam ruangan dengan kondisi yang cukup panas (sirkulasi udara buruk), hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap cepatnya layar iPhone menjadi panas. Dalam kondisi tersebut, untuk mengurangi panas pada iPhone kalian bisa mengurangi kecerahan layar atau pindah ke tempat dengan sirkulasi udara yang lebih baik.

Selanjutnya hindari juga menggunakan iPhone terlalu lama di bawah terik sinar matahari, sebab selain panas yang datang dari sinar matahari, iPhone juga secara otomatis akan menerangkan layarnya agar mudah dilihat yang akan menambah dampak panas pada iPhone.

Hindari Memainkan iPhone Sambil Dicas

Sering memainkan iPhone sambil diisi daya / dicas? sebaiknya hindari kebiasaan tersebut apalagi jika memang sambil digunakan untuk bermain game, sebab bukan komponen layar saja yang nantinya akan terasa lebih cepat panas melainkan komponen lainnya juga.

Selain itu sering menggunakan iPhone atau iPad sambil dicas juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan baterai iPhone.

Update ke iOS versi Terbaru

Untuk memastikan iPhone tetap bekerja dengan optimal, pastikan secara rutin iOS selalu di update ke versi terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Lepas Case iPhone

Panas pada layar tidak jarang bukan bersumber dari layar itu sendiri melainkan dari komponen lainnya seperti baterai atau chipset. iPhone sendiri membuang panas secara optimal melalui kerangka alumunium atau baja yang ada dibagian samping, namun seringkali kerangka tersebut ditutup oleh casing yang akan memperlambat pelepasan panas ke udara.

Jadi apabila ingin melakukan pekerjaan dalam jangka waktu lama yang mungkin dirasa membuat layar iPhone cepat panas, untuk sementara kalian bisa melepas case untuk mengurangi panas berlebih pada iPhone.

Kesimpulan..

Panas yang dirasakan pada bagian layar tidak jarang diakibatkan oleh kecerahan yang terlalu tinggi, namun begitu sebagian besar biasanya bersumber dari keseluruhan iPhone yang memanas. Selain itu dalam kasus terburuknya hal ini bisa juga diakibatkan oleh Kesehatan Baterai iPhone yang mulai menurun atau bermasalah.

Apabila masalah ini dirasa sangat mengganggu hingga berdampak pada baterai atau masalah lainnya, silakan bawa iPhone tersebut ke service center Apple atau teknisi yang sudah ahli dibidangnya untuk ditangani lebih lanjut.