Cara Factory Reset iPhone dan iPad Tanpa Apple ID

Untuk melakukan Factory Reset atau menghapus seluruh data pada iPhone dan iPad kembali ke pengaturan pabrik, kalian diharuskan untuk memasukkan verifikasi Apple ID yang terdapat pada iPhone dan iPad tersebut. Jika tidak, maka proses Factory Reset tidak dapat dilanjutkan.


Lalu bagaimana jika kalian tidak mengetahui atau lupa dengan Apple ID pada iPhone dan iPad tersebut? apakah masih bisa melanjutkan proses Factory Reset tanpa harus memasukkan Apple ID? sederhananya, sangat bisa! namun sebelum melanjutkan, ada hal penting yang harus kalian ketahui sebelum melakukannya, sebab ada risiko besar yang akan menanti dibaliknya.

Sebelum Melakukan Factory Reset iPhone dan iPad Tanpa Apple ID!

Apabila kalian lupa atau tidak mengetahui Apple ID yang terdapat pada iPhone tersebut, setidaknya kalian harus mengetahui password yang digunakan untuk mengunci iPhone. Sebab setelah proses reset dilakukan, karena iPhone masih tersangkut dengan Apple ID, kalian memerlukan password yang digunakan untuk mengunci iPhone agar dapat mengaktivasi kembali iPhone.

Ketika kalian mengaktivasi iPhone dengan password yang sebelumnya digunakan untuk mengunci iPhone, maka Apple ID pada iPhone secara otomatis akan hilang dan kalian dapat memasukkan kembali Apple ID baru pada iPhone tersebut.

Bagaimana sudah cukup mengerti? jika ya, silakan lanjutkan cara di bawah untuk Factory Reset seluruh data pada iPhone tanpa harus Login Apple ID.

Cara Factory Reset iPhone dan iPad Tanpa Apple ID

Disini kita membutuhkan bantuan dari aplikasi iTunes di komputer, jadi siapkan komputer beserta kabel data iPhone. Jika sudah siap, langsung saja lanjutkan cara di bawah berikut. (Do it at your own risk!)

1. Silakan sambungkan iPhone ke dalam komputer, kemudian buka aplikasi iTunes.

2. Selanjutnya masukkan iPhone ke dalam Mode Pemulihan (Mode Recovery), berikut caranya:

Khusus iPhone 8 atau lebih baru:

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Terakhir, Tekan dan Tahan tombol Power / Samping iPhone hingga muncul tampilan kabel pada layar iPhone dan iTunes sudah menapilkan Recovery Mode (Mode Pemulihan).


Khusus iPhone 7:

  • Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Bawah hingga muncul tampilan kabel pada layar iPhone dan iTunes sudah menapilkan Recovery Mode (Mode Pemulihan).

Khusus iPhone 6S atau lebih lama:

  • Tekan dan Tahan tombol Power + Home hingga muncul tampilan kabel pada layar iPhone dan iTunes sudah menapilkan Recovery Mode (Mode Pemulihan).

3. Jika sudah, biasanya iTunes akan menampilkan pesan pemulihan seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut.


4. Silakan pilih menu Pulihkan (Restore), atau jika tidak muncul pilih menu Pulihkan iPhone (Restore iPhone)


5. Apabila muncul pesan untuk download dan menginstall iOS versi terbaru, klik saja Pulihkan dan Perbarui (Restore and Update)


6. Jika sudah maka akan muncul tampilan lagi untuk konfirmasi download file iOS versi terbaru, klik Next lalu Agree, setelah itu iTunes akan mulai mendownload file iOS untuk mereset iPhone kalian ke pengaturan pabrik. Silakan tunggu hingga downloadnya selesai.


5. Apabila proses download file iOS sudah selesai, maka iTunes akan mulai menginstall file iOS tersebut ke dalam iPhone kalian (jika tidak silakan klik Pulihkan Restore)

6. Pada tahap ini iTunes akan mulai mereset dan menginstall file iOS ke dalam iPhone, silakan tunggu dan ikuti hingga proses pemulihan atau restorenya selesai. Selama proses pemulihan berlangsung jangan pernah mencabut sambungan kabel antara iPhone dan komputer ya..

7. Setelah selesai biasanya iTunes akan menampilkan menu Activation Lock, kalian bisa mengabaikannya.


8. Nah sekarang buka iPhone kalian, lalu lanjutkan pilih bahasa dan region seperti biasa.

9. Ketika muncul tampilan Activation Lock (Kunci Aktivasi) silakan pilih menu Buka dengan Kode Sandi (Unlock with Passcode), lalu pilih lagi Gunakan Kode Sandi Perangkat (Use Device Passcode)


10. Selanjutnya masukkan password yang sebelumnya digunakan untuk mengunci iPhone tersebut dan hasilnya menu Aktivasi akan menghilang
 

11. Sekarang silakan lanjutkan dengan mengatur kembali iPhone kalian layaknya iPhone baru, kalian juga dapat login menggunakan Apple ID lainnya.

Selesai deh.. sekarang iPhone kalian telah berhasil di Factory Reset tanpa harus Login ke Apple ID.

Sebagai informasi tambahan, setelah melakukan cara-cara di atas iPhone kalian sudah tidak lagi tersangkut atau terikat dengan Apple ID sebelumnya. Jadi bebas menggunakan Apple ID baru.

Oh ya, sebelum login ke Apple ID baru, silakan catat baik-baik Apple ID tersebut agar nantinya tidak lupa lagi dan berakhir dengan cara di atas kembali, hehe.

Baik itu saja informasi cara factory reset iPhone tanpa login Apple ID. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.