Penyebab iPhone Mati saat Charger Dilepas / Hidup saat Dicas Saja

Apakah iPhone kalian hanya menyala ketika dicas saja? dan ketika charger dicabut iPhone secara otomatis jadi mati total? jika ya maka kalian tidak sendiri, diluar sana ada sebagian kecil pengguna iPhone (terutama iPhone yang sudah berusia lama) yang juga mengalami hal serupa.


Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Masalah pada Baterai

Kemungkinan terbesar masalah ini diakibatkan oleh komponen Baterai pada iPhone yang sudah tidak sanggup menyuplai daya dengan baik, dalam artian baterai sudah tidak sanggup menyuplai daya yang dibutuhkan oleh iPhone agar dapat beroperasi dengan normal.

Usia dan kesehatan baterai yang sudah sangat memburuk menjadi penyebab utama baterai tidak dapat menyuplai daya dengan baik, untuk memastikannya kalian bisa cek kesehatan baterai iPhone melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Masalah pada Komponen Lainnya

Selain Baterai, dalam beberapa kasus tertentu kemungkinan terbesar lainnya masalah ini menandakan adanya kerusakan pada salah satu komponen dalam iPhone yang bertugas untuk mengatur pengisian daya ke baterai, sehingga mengakibatkan baterai tidak dapat menampung daya dan menyebabkan iPhone mati total ketika charger dilepas.

Masalah pada Software

Meskipun kecil kemungkinan diakibatkan oleh Software, namun kalian bisa mencoba melakukan update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini, namun sebelum melanjutkan perlu diperhatikan bahwa cara ini tidak disarankan karena dapat berisiko iPhone mati total ketika proses update berlangsung.

Solusinya...

Sebagai solusinya karena masalah ini cukup kompleks dan sangat jarang diakibatkan oleh masalah pada software, sangat teramat disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke tempat service produk Apple yang sudah terpercaya, agar didiagnosa penyebabnya secara lebih mendetail untuk diperbaiki.

Satu lagi tidak disarankan untuk memperbaikinya sendiri kecuali kalian tahu dengan apa yang kalian lakukan.