Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Mengaktifkan Jaringan 5G

Jajaran iPhone 12 merupakan iPhone pertama yang dirilis oleh Apple, yang telah mendukung layanan jaringan 5G berkecepatan tinggi, namun begitu tidak sedikit pengguna iPhone 12 atau lebih baru yang mengeluhkan masalah dimana mereka tidak bisa mengaktifkan atau mendapatkan jaringan 5G.


Namun tenang saja, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mengatasi iPhone yang tidak bisa mengaktifkan, mendapatkan, menggunakan, atau memunculkan jaringan 5G.

Cek Dukungan 5G pada iPhone

Perlu diketahui tidak semua iPhone dapat mengaktifkan jaringan 5G, hanya iPhone yang sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan jaringan 5G lah yang dapat mengaktifkannya, seperti iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan lebih baru, selengkapnya: Daftar iPhone yang Sudah Mendukung Jaringan 5G

Jadi jika iPhone yang kalian gunakan merupakan iPhone generasi sebelum jajaran iPhone 12 yang belum mendukung jaringan 5G seperti iPhone 11, iPhone Xs, iPhone X dan lebih lama, maka tentu saja secara otomatis iPhone kalian tidak bisa menggunakan jaringan 5G.

Cek Ketersediaan Layanan 5G Serta Dukungan Kartu SIM

Untuk saat ini belum banyak operator jaringan seluler yang menyediakan layanan jaringan 5G, bahkan sampai postingan ini ditulis di Indonesia sendiri layanan 5G belum tersedia untuk publik. Jadi pastikan operator jaringan yang kalian gunakan telah mendukung dan menyediakan layanan 5G.

Selain itu apabila kalian telah memastikan bahwa operator jaringan yang digunakan sudah mendukung jaringan 5G, cek juga apakah Kartu SIM yang kalian gunakan telah mendukung jaringan 5G juga atau belum, jika belum biasanya kalian perlu melakukan update kartu SIM agar dapat menggunakan jaringan 5G.

Dan yang terakhir cek juga apakah jaringan 5G telah sampai atau tersedia di area tempat kalian tinggal.

Untuk pasti dan lengkapnya bisa kalian tanyakan langsung ke Layanan Operator Jaringan Seluler masing-masing.

Cek Paket Layanan Data yang Digunakan

Selanjutnya cek juga kuota atau layanan internet yang kalian beli apakah merupakan kuota yang dapat digunakan untuk jaringan 5G atau tidak, sebab tidak semua paket internet yang disediakan dapat digunakan melalui jaringan 5G, lagi-lagi untuk lebih jelasnya kalian bisa tanyakan langsung ke Layanan Operator Jaringan Seluler masing-masing.

Atur Pengaturan ke Jaringan 5G

Cek apakah kalian telah mengatur pengaturan jaringan iPhone ke dalam mode 5G? caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data, jika sudah pastikan kalian telah memilih menu 5G On atau 5G Auto.


  • 5G On: merupakan pilihan untuk menggunakan jaringan 5G secara tetap / terus menerus
  • 5G Auto: merupakan mode yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai, dengan cara menurunkan jaringan 5G ke jaringan LTE / 4G secara otomatis apabila mendeteksi penggunaan baterai yang lebih boros akibat jaringan 5G

Nyalakan Mode Pesawat kemudian Matikan Kembali

Mode Pesawat atau AirPlane Mode berfungsi untuk mematikan jaringan pada iPhone, namun begitu Mode Pesawat ini dapat kalian manfaatkan untuk menyegarkan kembali jaringan yang akan digunakan oleh iPhone beserta pengaturan-pengaturannya.

Kalau begitu langsung saja buka aplikasi Pengaturan atau buka Pusat Kontrol iPhone, kemudian nyalakan Mode Pesawat lalu tunggu hingga beberapa detik, jika sudah silakan matikan kembali dan lihat hasilnya.

Apabila Muncul Status "Searching / Mencari" dan "No Service / Tidak ada Layanan"

Apabila muncul Status Searching atau Mencari hingga berakhir pada No Service atau Tidak ada Layanan, hal ini menjadi tanda bahwa iPhone tidak dapat menemukan jaringan, entah karena 5G yang belum stabil atau tersedia, bug atau kesalahan pada iOS, hingga kartu yang belum diaktivasi.

Untuk mengatasinya cukup mudah, apabila kartu SIM yang kalian gunakan merupakan kartu baru, pastikan kalian telah mengaktifkan atau mendaftarkannya terlebih dahulu (silakan daftarkan sesuai dengan ketentuan masing-masing operator).

Selanjutnya apabila kartu yang digunakan sudah aktif, coba lakukan Restart pada iPhone, sederhananya langsung saja matikan iPhone (tekan tombol Power dan Volume Bawah atau Atas secara bersamaan), jika sudah silakan nyalakan kembali iPhone dan lihat hasilnya.

Cek Pengaturan Jaringan Khusus dari Operator

Apakah ada pengaturan khusus yang disediakan oleh operator jaringan seluler agar dapat menjalankan jaringan 5G? mungkin sama seperti mengatasi personal hotspot yang tidak dapat diaktifkan, sementara kalian bisa coba mengatasinya dengan memasukan pengaturan APN sesuai dengan operator yang digunakan, berikut daftar APN serta cara memasukannya:

1. Pertama, buka aplikasi Pengaturan iPhone dan pastikan juga Data Seluler telah dalam keadaan aktif

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler

3.
Selanjutnya silakan isi kolom APN dengan pengaturan nama APN yang disediakan oleh operator yang kalian gunakan, berikut daftarnya:


  • Telkomsel masukan APN: telkomsel
  • Indosat masukan APN: indosatgprs
  • XL masukan APN: internet
  • Smartfren masukan APN: smartfren4g
  • Axis masukan APN: axis
  • Tri masukan APN: 3gprs
  • By.u masukan APN: byu

4. Terakhir coba nyalakan Mode Pesawat kemudian matikan kembali dan lihat hasilnya

Apabila masih belum berhasil untuk lebih pastinya silakan tanyakan ke Layanan Operator Jaringan Seluler yang kalian gunakan, apakah ada pengaturan tertentu yang harus dimasukan untuk mengaktifkan jaringan 5G atau tidak.

Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Selanjutnya kalian bisa mempertimbangkan untuk mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan pada iPhone, caranya langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Jaringan.


Jika sudah coba aktifkan kembali jaringan 5G atau atur kembali pengaturan APN seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Update ke iOS Versi Terbaru

Cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil? kalian bisa coba melakukan update iOS pada iPhone ke versi terbaru sebelum mencoba kembali untuk menggunakan jaringan 5G, hal ini mungkin dapat membantu memperbaiki masalah pada iOS yang menyebabkan jaringan 5G tidak dapat diaktifkan.

Untuk melakukan update silakan siapkan koneksi WiFi lalu download dan install melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Solusi Terakhir...

Apabila seluruh cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, Admin menyarankan untuk menghubungi layanan dukungan pihak operator jaringan seluler yang kalian gunakan untuk mendapatkan bantuan dan informasi lebih lanjut.

Satu lagi, apabila kalian masih menggunakan kartu SIM lama (4G / LTE), biasanya kalian perlu untuk melakukan upgrade kartu SIM untuk menikmati layanan dari jaringan 5G, selain itu perhatikan juga apakah area tempat kalian tinggal sudah tercakup jaringan 5G atau belum.