Tips Menjaga iPad agar Tidak Mudah Bengkok

Ukuran lebar ditambah desain yang semakin lama semakin tipis, menjadikan iPad salah satu produk Apple yang memiliki masalah dalam urusan ketahanan, ya.. apalagi kalau bukan rentan terhadap "Bengkok".


Masalah rentannya iPad untuk mengalami bengkok sudah seringkali diuji coba oleh beberapa YouTuber, pada video di bawah ini kalian bisa melihat bahwa dengan sedikit tenaga saja untuk menekuk, iPad dapat dengan mudah dibengkokkan.



Nah maka dari itu untuk menghindari agar iPad yang kalian gunakan menjadi bengkok, sangat penting untuk selalu memperhatikan hal-hal yang dapat memicu bengkoknya iPad, berikut beberapa tips dan trik yang dapat kalian lakukan untuk mencegah dan menjaga iPad agar tidak menjadi bengkok.

Gunakan Case

Case merupakan salah satu hal wajib bagi pengguna iPad yang tidak ingin iPadnya mudah bengkok, case secara tidak langsung dapat membantu iPad dalam menjaga strukturnya dari tekanan yang dapat mengakibatkan bengkok.

Case yang disarankan tentu saja buka Softcase dengan bahan yang lembut dan lentur melainkan lebih ke bahan yang cukup keras dan agak tebal (lebih baik jika memiliki sisi penutup), biasanya case jenis ini seringkali disebut sebagai Hard Case atau dilabeli dengan Drop Protection.

Selain itu Case dengan tambahan Keyboard seperti Smart Keyboard Folio, Smart Keyboard, atau Magic Keyboard bahkan lebih ampuh dalam meredam tekanan karena bahan materialnya yang sangat solid dan keras.

Gunakan Tempered Glass

Selain dapat mengurangi risiko layar pecah saat terjatuh atau terbentur, Tempered Glass dapat juga dimanfaatkan untuk meminimalisir tekanan dari bagian depan layar yang dapat membuat iPad bengkok.

Namun perlu diperhatikan bahan Tempered Glass yang disarankan yaitu yang terbuat dari bahan yang keras bukan yang plastik ya..

Hindari Taruh dalam Tas yang Sempit

Sering bepergian membawa iPad? sebaiknya hindari menaruh iPad ditas dengan ruang yang sempit, sebab iPad dapat dengan mudah bengkok jika tas yang kalian gunakan tertekan. Untuk membawa iPad dengan tas, sangat disarankan untuk menaruhnya ditempat yang masih cukup luas untuk menghindari tekanan kecil yang dapat membuat iPad bengkok, serta gunakanlah hard shell bag sebagai proteksi tambahan.

Simpan iPad dengan Hard Shell Bag

Saat ini sudah cukup banyak tas yang didesain untuk melindungi iPad dari beragam tekanan, biasanya tas tersebut didesain dengan rangka yang kokoh serta sangat sulit untuk ditekuk. Salah satu contoh produk tas hard shell ini seperti "tomtoc PadFolio for iPad" (bukan ngepromosiin ya.. cuma contoh aja hehe).

Nah dengan menggunakan Hard Shell Bag ini kalian dapat meredam bahkan menghindari tekanan pada iPad secara signifikan saat menaruhnya dalam tas.

Gunakan Secara Berhati-Hati

Selain menggunakan proteksi tambahan salah satu hal yang paling penting adalah tetap berhati-hati saat menggunakan iPad, hal yang seringkali menyebabkan iPad bengkok merupakan akibat dari "Human Error" atau kesalahan diri sendiri.

Contohnya seperti, tertidur saat menggunakan iPad sehingga tertekan oleh tubuh, menaruh iPad sembarang hingga tidak sengaja terduduk, iPad terjatuh atau terbentur keras, tertekan benda lainnya saat menaruh iPad di dalam tas, dan lain sebagainya.

Kesimpulan...

Jadi, untuk melindungi iPad secara sederhana silakan gunakan Case yang solid, Tempered Glass, Hindari menaruh iPad sembarangan, Gunakan Tas yang Keras sebagai Pelindung, dan jangan lupa tetap berhati-hati saat menggunakan iPad.

Bagaimana jika sudah bengkok? sangat disarankan untuk tidak memperbaikinya sendiri karena berisiko memperparah kerusakan. Apabila iPad tersebut masih memiliki layanan proteksi perlindungan sangat disarankan untuk mengajukannya langsung ke tempat kalian membeli, jika tidak ada silakan bawa ke authorized service center Apple atau tempat service produk Apple yang sudah terpercaya untuk dicarikan solusinya.