Cara Cek atau Mengetahui Generasi dari iPad, iPad Mini, iPad Pro dan iPad Air

Generasi dari iPad sangat menentukan performa, fitur, dan teknologi yang dibawanya, semakin baru generasi iPad maka tentu saja akan semakin baik dalam menunjang tuntutan kebutuhan aplikasi untuk kedepannya.


Nah tidak jarang nih pengguna iPad yang masih belum mengetahui secara pasti (mungkin lupa) dengan generasi iPad yang mereka miliki, tapi tidak perlu khawatir, kalian dapat dengan mudah mengetahuinya dengan sangat mudah melalui aplikasi Pengaturan iPad itu sendiri.


Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cek Melalui Pengaturan

Cara ini terbilang paling sederhana dan to-the-point, kalian cukup membuka menu "Mengenai atau About" di aplikasi Pengaturan dan disana kalian akan melihat model dan generasi dari iPad tersebut.

  1. Pertama langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPad
  2. Kemudian masuk ke menu Umum
  3. Lalu pilih lagi menu Mengenai
  4. Jika sudah maka generasi dari iPad tersebut akan ditampilkan pada menu "Model"


Contoh gambar di atas menunjukan iPad Air Generasi ke-4 yang dirilis pada tahun 2020.

Cek Melalui Nomor Model

Setiap iPad juga memiliki "Nomor Model" yang digunakan secara khusus untuk mengidentifikasi Model dari iPad itu sendiri, kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

  1. Langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPad
  2. Kemudian masuk ke menu Umum
  3. Lalu pilih lagi menu Mengenai
  4. Setelah itu silakan cocokan bagian "Nomor Model" dengan daftar nomor model iPad yang ada pada link berikut: https://support.apple.com/id-id/HT201471
  5. Jika sudah maka kalian akan menemukan Model dan Generasi dari iPad yang kalian miliki


Pencocokan Nomor Model iPad.


Cek Melalui Nomor Seri / IMEI

Nomor Seri atau IMEI pada iPhone dan iPad seringkali digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap masa garansi dan layanan perbaikan lainnya, disamping itu kalian juga dapat memanfaatkannya untuk melakukan pengecekan terhadap Model dan Generasi dari iPad, bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

  1. Buka aplikasi Pengaturan iPad
  2. Kemudian masuk ke menu Umum
  3. Lalu pilih lagi menu Mengenai
  4. Jika sudah silakan salin huruf dan angka yang terdapat pada menu "Nomor Seri" (cara cepat: tap dan tahan pada menu Nomor Seri, kemudian pilih menu Salin)
  5. Selanjutnya buka halaman cek garansi / layanan Apple berikut: https://checkcoverage.apple.com/id/id/
  6. Jika sudah masukan Nomor Seri yang tadi sudah disalin lalu klik Lanjukan
  7. Terakhir secara otomatis halaman tersebut akan menampilkan Model dan Generasi dari iPad serta layanan lainnya


Ya, untuk saat ini ketiga cara di atas adalah yang paling mudah untuk melakukan pengecekan ataupun mengetahui generasi dari iPad yang kalian miliki, disamping melalui komputer dengan iTunes atau aplikasi pihak ketiga lainnya seperti 3uTools.

Untuk melihat daftar lengkap urutan Generasi iPad dari yang paling lama hingga terbaru, langsung saja masuk ke link berikut: Daftar Urutan iPad dari yang Terlama Sampai Terbaru