Dampak Jika Membiarkan iPhone Dicas Semalaman

Seringkali kita membiarkan iPhone terus diisi daya semalaman dengan tujuan agar keesokan paginya baterai iPhone tetap dalam keadaan yang benar-benar penuh, namun sepertinya apabila kalian ingin merawat kesehatan baterai iPhone, kebiasaan tersebut perlu untuk dihindari.


Belum banyak pengguna iPhone yang mengetahui bahwa membiarkan iPhone dicas semalaman dapat berdampak buruk bagi kesehatan baterai, maksud dari dicas "semalaman" disini bukan hanya berlaku saat malam menjelang pagi saja, tetapi lebih spesifik ke membiarkan baterai iPhone yang sudah penuh terus diisi daya dalam waktu yang lama.


Dampak Jika Membiarkan iPhone Dicas Semalaman

Masa pakai Baterai pada iPhone berhubungan juga dengan usia dari bahan kimianya, salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap usia bahan kimia pada baterai adalah suhu panas dan pola pengisian daya.

Pola pengisian daya yang tidak diperhatikan seperti membiarkan iPhone dicas terus-menerus meskipun sudah dalam keadaan penuh, dapat berdampak buruk bagi kesehatan baterai iPhone.

Mengapa? sebab Baterai pada iPhone akan mengalami tekanan atau beban berlebih ketika dayanya sudah hampir atau benar-benar penuh, yaitu sekitar 80 hingga 100%, dampak dari tekanan berlebih yang diterima baterai tersebutlah yang akan berujung pada cepatnya kesehatan baterai menurun.

Jadi jangan salah kaprah, bukan membiarkan iPhone dicas semalaman yang membuat kesehatan baterainya cepat menurun, namun lebih kepada membiarkan daya baterai berada diangka yang tinggi terus menerus (sekitar 80 hingga 100%).

Nah untuk merawat Kesehatan Baterai agar tidak cepat menurun, disarankan untuk menghindari pengisian daya hingga benar-benar penuh ke 100%, kalian cukup membatasinya hingga ke 80 hingga 85% saja apabila tidak ada kebutuhan yang memang mendesak.

Selain itu iPhone sendiri memiliki fitur "Pengisian Daya Optimal" yang akan membatasi sementara baterai iPhone agar tidak dicas lebih dari 80%, selengkapnya bisa kalian cek pada postingan berikut: Fungsi dan Cara Kerja Fitur Pengisian Daya Optimal pada iPhone

Mengapa harus Peduli dengan Kesehatan Baterai?

Menurunnya Kesehatan Baterai pada iPhone dapat berujung pada masa pakai yang menjadi lebih singkat, karena baterai sudah kehilangan kemampuan untuk menampung daya seperti pada kondisi semula, dalam kasus tertentu memburuknya Kesehatan Baterai dapat berpengaruh ke beberapa fitur pada iPhone yang tidak berfungsi secara normal.

Apabila kalian berniat untuk menggunakan iPhone yang kalian miliki untuk jangka waktu yang panjang, sangat penting untuk merawat kesehatan baterai iPhone untuk meminimalisir dampaknya sampai upgrade ke iPhone berikutnya.