Apa Arti dan Maksud dari iPhone Bundling? Berikut Penjelasannya

Pernahkah kalian mendengar istilah "iPhone Bundling"? entah itu iPhone Bundling Operator, iPhone Bundling Smartfren, iPhone Bundling Telkomsel, iPhone Bundling Indosat, iPhone Bundling XL, dan iPhone Bundling yang lainnya.


Mungkin cukup banyak di antara kalian yang belum mengetahui istilah tersebut, jadi, sebenarnya apa sih arti dan maksud dari Bundling? dan apa perbedaan dengan iPhone yang lainnya?

Arti dan Maksud dari iPhone Bundling

Kata "Bundling" sendiri merujuk pada barang yang telah dipaketkan (digabung) dengan hal-hal lainnya. Istilah ini seringkali digunakan pada perangkat elektronik termasuk iPhone.

Sedangkan "iPhone Bundling" memiliki arti bahwa iPhone tersebut telah terikat kontrak dengan salah satu operator jaringan seluler tertentu, sehingga menyebabkan iPhone tidak dapat menggunakan kartu maupun jaringan dari operator lainnya selain daripada operator yang telah membundling iPhone tersebut.

Biasanya iPhone Bundling ditawarkan oleh pihak Operator dengan harga yang lebih murah serta penawaran-penawaran lainnya. Namun dengan syarat seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa iPhone terikat kontrak sehingga hanya bisa menggunakan kartu sim dan jaringan dari operator tersebut.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa ada istilah iPhone Bundling Smartfren, iPhone Bundling Indosat, iPhone Bundling Telkomsel, iPhone Bundling XL, dan lain sebagainya.

Kekurangan & Kelebihan iPhone Bundling

iPhone Bundling memiliki beberapa kelebihannya tersendiri, diantaranya harga yang lebih murah dan dilengkapi juga dengan paket-paket tambahan lainnnya saat membeli (jika ada).

Sedangkan kekurangannya, seperti contoh ketika iPhone tersebut di bawa ke luar negeri maka kalian tidak bisa menggunakan kartu sim lainnya yang ada di negara tersebut.

Jadi, bagi yang menginginkan iPhone dapat menggunakan kartu apa saja tanpa adanya batasan, sangat direkomendasikan untuk memilih iPhone yang bebas menggunakan kartu atau jaringan dari operator manapun (iPhone Unlock).

Namun, apabila penawaran yang ditawarkan oleh iPhone Bundling cocok dengan keinginan kalian, maka tidak ada salahnya menggunakan iPhone Bundling tersebut, namun silakan pikirkan kembali untuk penggunaan jangka panjangnya.