Cara Reset / Mengembalikan Susunan Home Screen iPhone dan iPad

Ingin menata ulang susunan icon aplikasi dan widget di iPhone atau iPad? jika ya, maka agar proses penyusunan ulangnya dapat berjalan dengan baik, kalian dapat mereset seluruh susunan icon dan widget ke pengaturan awal.


Lebih jelasnya, seluruh icon aplikasi bawaan iPhone akan disusun ke posisi awal, sedangkan untuk aplikasi lainnya (yang didownload) akan dikeluarkan dari dalam folder (jika ada) dan susun kembali semuanya ke home screen. Untuk Widget sendiri secara otomatis akan terhapus.

Bagi yang tertarik, langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mereset atau mengembalikan susunan icon aplikasi dan widget di home screen (layar utama) iPhone maupun iPad.

Cara Reset / Mengembalikan Susunan Home Screen iPhone dan iPad ke Pengaturan Awal

1. Langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone / iPad

2. Jika sudah langsung masuk ke menu Umum (General) lalu pilih lagi menu Atur Ulang (Reset)

3. Selanjutnya pilih menu Atur Ulang Susunan Layar Utama (Reset Home Screen Layout)


Terakhir silakan kembali ke home screen iPhone / iPad dan lihat hasilnya.. seluruh susunan icon telah dikembalikan ke posisi awal / default. Sekarang kalian dapat lebih mudah mengatur kembali susunan icon aplikasi dan widget sesuai selera.

Bagi yang sudah menggunakan iOS 14 atau lebih baru, cek juga beberapa tips berikut untuk mempercantik tampilan home screen (khusus untuk iPhone):