Bagaimana Cara Melihat History Clipboard di iPhone dan iPad?

Clipboard atau Pasteboard adalah tempat sementara yang digunakan oleh sistem untuk menampung data yang sedang disalin, contohnya seperti teks, foto atau gambar, dokumen, dan lain sebagainya. Di iPhone dan iPad sendiri kalian dapat dengan mudah menempelkan (paste) data yang sudah disalin, cukup dengan menahan pada area yang diinginkan dan tap Paste / Tempel.


Namun apa jadinya jika teks atau data yang sudah kita salin sebelumnya, telah tertimpa dengan teks atau data yang baru saja disalin? bagaimana cara melihat history tempat dimana suluruh hasil copyan berada? berikut jawabannya..

Bagaimana Cara Melihat History Clipboard di iPhone dan iPad?

Sayangnya fitur Clipboard pada iPhone, iPad, maupun iPod touch sampai saat ini hanya dapat menyimpan satu buah salinan / copy-an, yaitu data yang terakhir disalin / copy. Apabila kalian telah mengcopy data baru, maka data sebelumnya yang sudah dicopy akan ditimpa alias hilang.

Tidak seperti beberapa perangkat Android, iPhone sendiri tidak mencatat hal-hal apa saja yang pernah kalian copy sebelumnya, maka dari itulah iPhone tidak memiliki history clipboard tempat dimana hal-hal yang pernah kalian copy berada.

Jadi, stop cari sana-sini sebab iPhone, iPad, dan iPod touch sendiri tidak menyimpan history copy-an kalian tak terkecuali copy-an yang terakhir dicopy.

Lalu, Bagaimana Solusinya?

Karena iPhone tidak menyimpan history copy-an, mau tidak mau kalian harus menyalin kembali hal-hal yang pernah kalian copy sebelumnya secara manual.

Bagi yang mungkin bertanya, adakah aplikasi yang dapat melihat Clipboard iPhone? sayangnya tidak ada, kalaupun ada biasanya hanya untuk hal-hal yang pernah dicopy saat aplikasi tersebut diinstall (itupun harus disave manual satu-per-satu). Karena kembali lagi, iPhone tidak pernah mencatat hal-hal yang pernah kalian copy sebelumnya tak terkecuali copy-an yang terakhir dilakukan.

Bagaimana sudah tahu kan jawabannya? memang bagi beberapa orang hal ini cukup mengecewakan, namun sepertinya ada alasan kuat dibalik mengapa iPhone tidak mencatat history hasil copy-an di clipboard. Yaitu kemungkinannya adalah untuk alasan keamanan dan privasi data pengguna, sebab tidak sedikit pengguna yang seringkali menyalin data-data sensitif seperti nomor rekening, password, email, nomor telepon, dan lain sebagainya, yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain atau aplikasi yang tidak diinginkan.