Cara Mengaktifkan Notifikasi Instagram di iPhone yang Tidak Muncul / Bunyi

Tidak sedikit pengguna iPhone maupun iPad yang mengeluhkan bahwa tanda (banner) notifikasi untuk aplikasi IG / Instagram tidak muncul atau mengeluarkan suara (bunyi). Tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini Admin sudah merangkum cara-cara lengkap yang dapat kalian gunakan untuk mengatasinya.


Cek Pengaturan Notifikasi Instagram

Selanjutnya cek juga apakah pengaturan Notifikasi Instagram di iPhone kalian dalam keadaan aktif atau tidak, berikut caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone kemudian masuk ke menu Pemberitahuan (Notifications)

2. Kemudian cari dan pilih aplikasi Instagram


3. Selanjutnya pastikan menu Izinkan Pemberitahuan dalam keadaan aktif


Selain itu pastikan juga menu lainnya seperti Layar Terkunci, Pusat Pemberitahuan, Spanduk, Bunyi, Tanda, dan lain sebagainya telah dalam keadaan aktif.

Pastikan iPhone Tidak Disilent / Heningkan

Khusus bagi yang mengalami masalah pada suara notifikasi yang tidak berbunyi, pastikan iPhone tidak dalam kondisi silent atau diheningkan, untuk memastikannya silakan ikuti beberapa cara berikut:

  • Pastikan tombol Mute iPhone tidak diaktifkan (apabila menampilkan warna orange berarti dalam kondisi silent)
  • Apabila menggunakan Assistive Touch silakan dibuka lalu masuk ke menu Perangkat (Device) dan tap pada menu Bunyikan jika ada

Nonaktifkan Mode Jangan Ganggu

Mode Jangan Ganggu (Do Not Disturb) berfungsi mengheningkan suara maupun tampilan notifikasi untuk seluruh aplikasi (termasuk Instagram) hingga panggilan masuk, jadi pastikan kalian tidak mengaktifkan mode ini.

Untuk memastikannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone, lalu masuk ke menu Jangan Ganggu (Do Not Disturb), kemudian nonaktifkan menu Jangan Ganggu / Do Not Disturb.


Kalian juga dapat menonaktifkannya melalui icon bulan sabit yang terdapat pada Control Center.

Cek Pengaturan Notifikasi Langsung di Aplikasi Instagram 

Pada aplikasi Instagram terdapat pengaturan notifikasi yang dapat kalian ubah secara langsung, jadi pastikan bahwa seluruh notifikasi pada aplikasi instagram tersebut tidak dalam keadaan dinonaktifkan.

Untuk memastikannya silakan buka aplikasi Instagram, kemudian masuk ke Pengaturan aplikasi lalu pilih menu Notifikasi, contohnya bisa kalian lihat melalui gambar berikut:


Jika sudah pastikan menu Jeda Semua dalam keadaan tidak aktif.


Selain itu cek juga pengaturan notifikasi lainnya seperti yang terdapat pada menu Postingan, Cerita, dan Komentar, Mengikuti dan Pengikut, Pesan Direct, dan lain sebagainya.

Aktifkan Segarkan App di Latar

Segarkan App di Latar merupakan salah satu fitur di iPhone yang berungsi untuk mengizinkan aplikasi agar dapat berjalan dan mengambil informasi meskipun sedang tidak digunakan. Dengan mengaktifkan menu Segarkan App di Latar, dapat membantu aplikasi Instagram dalam mengirimkan notifikasi.

Untuk mengaktifkan menu Segarkan App di Latar silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone, kemudian masuk ke menu Umum (General) > Segarkan App di Latar (Background App Refresh), jika sudah pilih menu Wi-FI & Cellular Data.

Apabila menu Segarkan App di Latar tidak dapat diaktifkan, pastikan kalian telah menonaktifkan Mode Daya Rendah.

Pastikan Pengaturan Tanggal & Waktu iPhone Sudah Benar

Selanjutnya, pastikan juga pengaturan tanggal dan waktu di iPhone telah benar, untuk memastikannya kalian dapat masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone, kemudian masuk ke menu Umum (General) > Tanggal & Waktu (Date & Time), jika sudah pastikan menu Atur Secara Otomatis (Set Automatically) dalam keadaan aktif.

Nonaktifkan VPN (jika ada)

Apabila iPhone kalian menggunakan jaringan VPN, silakan dinonaktifkan sementara kemudian coba lihat hasilnya. Untuk menonaktifkan VPN dapat melalui aplikasi yang digunakan atau buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone, lalu masuk ke menu Umum (General) > VPN.

Restart iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, pertimbangkan untuk memulai ulang (restart) iPhone, sederhananya silakan dimatikan kemudian nyalakan kembali. Bagi yang belum tahu cara mematikan iPhone silakan ikuti cara-cara berikut ini.

Pengguna iPhone tanpa tombol Home silakan tekan dan tahan tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah atau Volume Atas (salah satu saja). Sedangkan untuk iPhone dengan tombol Home silakan tekan dan tahan terus tombol Power / Lock.

Update atau Install Ulang Aplikasi Instagram

Cek apakah tersedia update untuk aplikasi Instagram di App Store, jika tersedia silakan diupdate. Namun apabila sudah versi terbaru dan masih belum membuahkan hasil, pertimbangkan untuk menginstall ulang aplikasi Instagram dengan cara menghapusnya kemudian download dan install kembali melalui App Store.

Atur Ulang Pengaturan iPhone

Terakhir, apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, pertimbangkan untuk reset pengaturan iPhone kembali ke pengaturan awal (cara ini tidak akan menghapus data seperti foto atau kontak). Jika berminat langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone, lalu masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset) > Atur Ulang Pengaturan iPhone (Reset All Settings).

Solusi Terakhir...

Seharusnya dengan mengikuti cara-cara di atas masalah notifikasi pada aplikasi Instagram di iPhone kalian telah berhasil teratasi, dan Admin pun berharap begitu.

Namun, apabila seluruh cara memang tidak ada satupun yang membuahkan hasil, pastikan iPhone kalian telah menggunakan iOS versi paling terbaru. Jika masih tidak bisa juga, cek kemungkinan apakah kalian telah memblokir atau membatasi (restrict) akun tertentu atau sebaliknya.