Kekurangan dan Kelebihan iPhone HDC yang Perlu Diketahui

iPhone HDC atau High Definition Copy adalah iPhone tiruan yang didesain menyerupai iPhone yang asli. Harganya yang murah, menjadikan iPhone HDC cukup populer sebagai salah satu alternatif penggganti iPhone asli yang harganya terbilang sangatlah mahal bagi sebagian besar orang.


Karena harganya yang berlipat-lipat jauh lebih murah dibandingkan dengan iPhone asli, tentu ada banyak hal yang perlu kalian ketahui tentang kualitas dari iPhone HDC ini, entah kekurangannya atau kelebihannya.

Pada postingan kali ini Admin akan sedikit membagikan pengalaman yang tentunya bisa menjadi acuan tentang apa yang akan kalian dapatkan nantinya dari iPhone HDC, terutama untuk kekurangannya yang seringkali disalahpahami serta kelebihan-kelebihannya.

Kekurangan iPhone HDC

1. Menggunakan OS Android bukan iOS

Tidak seperti iPhone asli yang menggunakan sistem operasi iOS, iPhone HDC menggunakan sistem operasi Android yang tampilannya didesain agar serupa dengan iOS.

Jangan salah paham, meskipun tampilannya sama bukan berarti fitur didalamnya pun sama, seperti contoh App Store yang ada di iPhone HDC sebenarnya adalah Google Play Store yang tampilannya diubah menyerupai App Store.

2. Tidak bisa Menggunakan Layanan dan Aplikasi milik iPhone yang Asli

Karena menggunakan Android, tentu saja iPhone HDC tidak memiliki layanan dan aplikasi yang serupa dengan yang ada pada iPhone asli. Jadi, jangan berharap iPhone HDC dapat menggunakan layanan seperti iMessage, iCloud, Face Time, dan lain sebagainya.

3. Kualitas Layar yang Sangat Kurang

Jika dibandingkan dengan iPhone yang asli, tentu saja iPhone HDC memiliki kualitas layar yang jauh lebih rendah, contohnya saja ketajaman layar yang kurang, kecerahan layar sangat jauh lebih buram, kurang responsif, dan lain sebagainya.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa layar iPhone HDC tidak memiliki fitur seperti True Tone, 3D Touch sungguhan, maupun Haptic Feedback, sebab fitur ini hanya bisa didapatkan melalui iPhone Asli.

4. Kualitas Kamera yang Sangat Kurang

iPhone identik dengan kualitas kameranya yang sangat memukau, tapi hanya berlaku untuk iPhone yang asli ya.

iPhone HDC sendiri memiliki kualitas kamera yang bisa Admin katakan sangatlah kurang, entah untuk kamera selfie atau kamera utama. Jika dibandingkan dengan iPhone yang aslinya tentu saja kamera pada iPhone HDC terlihat sangat buruk.

Selain itu, modul kamera utama yang ada dibagian belakang iPhone HDC (berlaku untuk iPhone HDC dengan desain iPhone asli yang memiliki kamera lebih dari 1) biasanya hanya memiliki 1 buah kamera sungguhan, sedangkan sisanya hanyalah pajangan.

5. Kualitas Performa dan Baterai yang Sangat Kurang

iPhone HDC kebanyakan dilengkapi dengan kualitas performa dan baterai yang sangat kurang mumpuni untuk keperluan tertentu.

Pada umumnya menggunakan Chipset dengan performa yang cukup lambat (biasanya Mediatek kelas Low-End), kapasitas RAM yang kecil atau bisa dikatakan pas-pasan (bahkan ada yang Swap dari memori internal), ditambah kualitas dan kapasitas baterai yang masih meragukan, tentu jangan berharap lebih untuk performa dan baterai pada iPhone HDC.

6. Tidak Cocok untuk Gaming

Melanjutkan poin ke-5 di atas, karena performa dan kualitas baterainya yang kurang mumpuni, kebanyakan iPhone HDC tidak sanggup menjalankan game-game yang bisa dikatakan "Cukup Berat" dengan lancar. Contohnya saja seperti game PUBG, CODM, Genshin Impact, dan lain sebagainya.

Jadi jangan berharap menggunakan iPhone HDC untuk keperluan gaming berat.

7. Kapasitas Penyimpanan yang Kecil

Kebanyakan kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh iPhone HDC sangatlah kecil dan tidak muat untuk menampung banyak data, meskipun ada juga yang menyediakan kapasitas yang besar namun harus ditebus dengan harga yang sedikit lebih mahal.

8. Kebanyakan Hanya Bisa Jaringan 3G

4G/LTE sudah menjadi standar kecepatan jaringan yang digunakan pada hampir seluruh smartphone saat ini, meskipun tidak semuanya, namun kebanyakan iPhone HDC yang ditemukan hanya dapat menggunakan jaringan 3G/HSDPA/H+ yang tergolong cukup lambat dan tertinggal jauh dari 4G.

9. Material Tidak Sama Seperti iPhone yang Asli

iPhone yang asli menggunakan kerangka dengan bahan alumunium, baja tahan karat, serta kaca super kuat yang dilapisi warna yang sangat memukau, sehingga memiliki ketahanan yang lebih baik. Sedangkan umumnya iPhone HDC dirancang dengan menggunakan material metal atau plastik yang kualitasnya jauh lebih rendah dan sangat meragukan.

Hal ini jugalah yang membuat penglaman saat melihat atau menyentuh iPhone yang asli dengan iPhone HDC sangat berbeda.

10. Tidak Cocok Digunakan Jangka Panjang

Bagi yang berniat menggunakan iPhone HDC untuk penggunaan jangka panjang sepertinya harus memikirkannya kembali, performa yang lambat, baterai hingga kualitas secara keseluruhannya yang masih meragukan, menjadikan iPhone HDC kurang cocok bagi kalian yang membutuhkan smartphone untuk keperluan sehari-hari terutama untuk menjalankan beragam tugas yang berat.

11. Tidak Cocok Dijadikan Hp Utama

Melihat segala kekurangan yang dimiliki oleh iPhone HDC, menurut Admin pribadi rasanya tidak cocok menjadikan iPhone HDC sebagai Hp utama untuk menunjang beragam aktivitas sehari-hari yang tergolong cukup berat.

Kelebihan iPhone HDC

1. Harga yang Sangat Murah

Bagi kalian yang menginginkan smartphone dengan tampilan iPhone sungguhan namun memiliki harga yang cukup terjangkau, iPhone HDC dapat menjadi alternatifnya. Berbeda dengan iPhone Dummy, iPhone HDC dapat berfungsi layaknya sebuah smartphone meskipun hanya tiruan.

2. Memiliki Slot SD Card Tambahan

Tidak seperti iPhone yang asli, biasanya iPhone HDC dilengkapi juga dengan Slot SD Card yang digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Sehingga meskipun kapasitas internalnya kecil, kalian tetap dapat menyimpan beragam file seperti foto atau musik ke dalam SD Card.

3. Bentuk yang Menyerupai iPhone Asli

Rata-rata iPhone HDC memiliki desain yang hampir benar-benar mirip dengan iPhone aslinya, bahkan sangat sulit untuk membedakannya jika hanya dilihat sekilas saja.

4. Fitur yang Menyerupai iPhone Asli

iPhone HDC juga hadir dengan fitur yang identik dengan iPhone asli, contohnya saja Assistive Touch, efek jarum jam pada icon aplikasi Jam yang bergerak, efek menu 3D Touch, booting logo Apple, menu Personal Hotspot, dan lain sebagainya.

Meskipun hanya tiruan, setidaknya hal ini menambah kesan bahwa iPhone HDC merupakan sebuah iPhone Asli.

5. Tersedia Touch ID dan Tiruan Face ID

Beberapa iPhone HDC juga hadir dengan Touch ID (sidik jari) dan fitur yang mirip dengan Face ID (membuka iPhone dengan wajah). Selain menambah fungsi keamanan, fitur ini akan menambah kesan nyata bahwa iPhone HDC tersebut merupakan iPhone sungguhan.

6. Pilihan Layar yang Besar

Layar pada iPhone HDC juga tersedia dalam ukuran yang cukup besar layaknya ukuran layar pada iPhone asli yang ditirunya.

7. Tema yang Hampir Menyerupai iOS Asli

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, iPhone HDC menggunakan sistem operasi Android yang didesain menyerupai iOS, beberapa orang mungkin tidak akan menyadari dan mengira tampilan tersebut benar-benar tampilan iOS sungguhan, sebab tema iOS yang digunakan iPhone HDC beserta efek lainnya seperti Personal Hotspot atau menu 3D Touch, benar-benar terlihat seperti iPhone asli.

8. Sistem Operasi Android

Meskipun tidak menggunakan iOS sungguhan, namun sistem operasi Android yang ada pada iPhone HDC tentu memiliki kelebihannya tersendiri. Bagi yang sebelumnya menggunakan smartphone Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan pengaturan-pengaturan dan layanan yang disediakan oleh sistem operasi Android.

9. Tersedia 4G dan Dual SIM

Beberapa iPhone HDC ada juga yang sudah mendukung jaringan 4G dan dual sim, sehingga kalian dapat menggunakan dua kartu sim dalam satu perangkat.

Kesimpulan...

Memiliki budget lebih? tentu iPhone yang asli sangat direkomendasikan, namun apabila mungkin berencana hanya akan digunakan untuk keperluan tertentu saja, iPhone HDC dapat menjadi alternatif sesuai dengan keperluan dan keinginan masing-masing.

Ingat, ada harga ada kualitas, setidaknya pesan inilah yang seringkali disampaikan oleh banyak pejual kepada para pembelinya. Menurut pendapat Admin sendiri, iPhone HDC ini lebih cocok digunakan untuk kebutuhan penampilan saja.

Oke, mungkin itu saja informasi dari pengalaman Admin sendiri soal kekurangan dan kelebihan dari iPhone HDC. Apabila mungkin ada yang ingin ditambahkan, tanyakan, atau sampaikan seputar iPhone HDC, jangan ragu untuk meninggalkannya melalui kolom komentar di bawah.