Cara Deteksi Malware / Virus di iPhone Jailbreak dengan iSecureOS

Salah satu risiko dalam melakukan jailbreak (rooting) iPhone, iPad, iPod touch dan mungkin untuk perangkat dari platform lainnya adalah infeksi Malware atau Virus.


Apa itu Malware / Virus?

Malware (malicious software) secara luas diartikan sebagai program atau aplikasi berbahaya yang didesain untuk mencuri data, merusak sistem, memata-matai pengguna, dan hal-hal yang berpotensi merugikan tanpa sepengetahuan pengguna lainnya.

Sedangkan Virus sendiri merupakan bagian atau salah satu jenis Malware, begitu juga dengan Spyware, Trojan, Worm, Ransomware, dll.

iPhone yang sudah di-jailbreak secara drastis dapat meningkatkan risiko terinfeksi Malware, entah karena disebabkan oleh sembarangan menginstall aplikasi di luar App Store, menginstall tweak dari sumber yang tidak jelas atau berbahaya, bahkan sembarangan menghubungkan iPhone ke pengisian daya usb di tempat umum juga dapat menjadi salah satu risikonya.

Pencegahan Malware pada iPhone yang Sudah Di-Jailbreak

Ada beberapa tips dasar sederhana yang secara signifikan dapat mengurangi risiko iPhone terinfeksi Malware, yaitu:

  • Mengubah password root iPhone (Cara Ganti Password Root di iPhone Yang Sudah Jailbreak)
  • Hindari / berhati-hati dalam menginstall aplikasi di luar App Store apalagi yang terlihat mencurigakan
  • Hindari / berhati-hati dalam menginstall tweak dari sumber yang tidak jelas atau mencurigakan
  • Hindari / berhati-hati juga saat akan menghubungkan iPhone ke sambungan usb di tempat umum apalagi yang tidak jelas dan terlihat mencurigakan (hal ini bahkan berlaku juga untuk iPhone yang tidak / belum di-jailbreak)
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan aplikasi banking / menyimpan data sensitif pada iPhone yang sudah di-jailbreak

Selain mengikuti tips-tips di atas, kalian juga dapat menggunakan salah satu aplikasi pendeteksi malware, yakni iSecureOS.

Deteksi Malware di iPhone yang Sudah Di-Jailbreak Menggunakan Aplikasi iSecureOS

Apa itu iSecureOS?

iSecureOS adalah aplikasi keamanan buatan salah satu developer jailbreak yakni GeoSn0w, yang berfungsi untuk mendeteksi ancaman Malware pada iPhone, iPad, atau iPod touch yang sudah di-jailbreak.

Misalnya seperti mendeteksi tweak atau aplikasi yang dapat merusak aplikasi atau mencuri data, repo yang berpotensi menginfeksi malware, memperingatkan apabila password root belum diubah, menampilkan kerentanan keamanan pada iOS, dan lain sebagainya.


Cara Download & Install iSecureOS

Bagi yang tertarik untuk menggunakan iSecureOS langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk menginstallnya. Do With Your Own Risk!

1. Buka aplikasi manajemen jailbreak di iPhone kalian, entah itu Cydia atau Sileo

2. Kemudian masuk ke menu Sources lalu salin dan tambahkan alamat Repo berikut: https://isecureos.idevicecentral.com/repo/

3. Jika sudah, untuk memastikan bahwa aplikasi iSecureOS diinstall dari repo yang resmi, silakan masuk ke menu Sources kemudian cari dan install iSecureOS melalui alamat Repo yang tadi sudah ditambahkan (iSecureOS Security Repo)

Cara Menggunakan iSecureOS

Buka aplikasi iSecureOS yang sudah terinstall, kemudian tap Perform iSecureOS Scan untuk mulai memindai atau scan malware yang ada di iPhone kalian


Jika proses scan sudah selesai tap View vulnerabilities untuk menampilkan daftar tweak, repo, atau aplikasi yang berisiko menginfeksi atau terinfeksi Malware.

Selain itu ada juga peringatan untuk kerentanan (Vulnerable) keamanan pada versi iOS yang digunakan, dan penggunaan VPN yang berfungsi untuk melindungi identitas selama terhubung ke internet.


Apabila terdeteksi tweak atau aplikasi yang terinfeksi Malware, disarankan untuk mengambil tindakan dengan mempertimbangkan menghapus tweak atau aplikasi yang terinfeksi Malware tersebut.

Untuk kerentanan (Vulnerable) keamanan pada versi iOS tidak hanya berisiko pada iPhone yang sudah di-jailbreak saja melainkan yang belum di-jailbreak juga. Karena pada dasarnya bukan sepenuhnya diakibatkan oleh proses jailbreak, melainkan memang disebabkan oleh kerentanan yang ditemukan pada versi iOS itu sendiri.

Perlu diketahui juga bahwa mengupdate langsung iOS pada iPhone yang sudah di-jailbreak sangat dilarang karena dapat berpotensi besar menyebabkan Bootloop.

Pentingnya Mencegah Risiko Malware pada iPhone yang Sudah Di-Jailbreak

Meskipun seperti yang diketahui bahwa Malware sendiri memang hanya marak terjadi di awal-awal kepopuleran jailbreak saja, dan saat ini kehadirannya bahkan tidak terasa atau iPhone dirasa aman-aman saja, namun pencegahan merupakan langkah yang terbaik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja dapat terjadi untuk kedepannya.

Nah, bagaimana menurut kalian sebagai pengguna iPhone yang sudah di-jailbreak tentang hadirnya aplikasi iSecureOS ini? silakan tinggalkan pendapat kalian melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.