Cara Meningkatkan Performa iPhone untuk Bermain Game

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan performa pada iPhone maupun iPad mereka terasa kurang mumpuni untuk menjalankan beberapa judul game tertentu, terutama game yang membutuhkan performa cukup kencang agar dapat berjalan dengan lancar (contohnya PUBG).


Nah, jika kalian merupakan salah satu pengguna iPhone dan iPad yang mengalaminya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips cara meningkatkan atau memaksimalkan performa iPhone dan iPad saat menjalankan game, terutama untuk game yang bisa dikatakan "berat".

Kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah adalah fitur pada iPhone yang berfungsi untuk membatasi beberapa fitur di latar belakang dan mengurangi sedikit kecerahan layar.

Namun dari hal yang Admin temukan, fitur Mode Daya Rendah ini dapat mengurangi performa iPhone dan iPad cukup signifikan saat menjalankan game. Jadi untuk meningkatkan performa iPhone, pastikan untuk menonaktifkan Mode Daya Rendah.

Tutup Semua Aplikasi Selain Game yang Akan Dimainkan

Untuk memaksimalkan performa saat menjalankan game, sangat disarankan untuk menutup aplikasi lainnya agar game yang akan dimainkan dapat berjalan secara maksimal.


Gunakan WiFi (Jika Tersedia)

Apabila tersedia, menggunakan jaringan WiFi untuk bermain game yang membutuhkan koneksi internet (Online) cukup disarankan.

Dengan menggunakan jaringan WiFi umumnya kualitas jaringan akan menjadi lebih baik dan berdampak juga pada baterai iPhone yang dapat ditekan jauh lebih hemat.

Kurangi Kecerahan Layar

Menggunakan Kecerahan layar yang tinggi atau bahkan hampir penuh, dapat berpengaruh terhadap baterai iPhone yang menjadi lebih boros serta iPhone yang lebih cepat panas.

Panas sendiri merupakan salah satu penyebab baterai iPhone cepat habis, selain itu performa iPhone juga tidak akan berjalan dengan optimal.

Jadi, sangat disarankan untuk mengurangi kecerahan layar iPhone, terutama saat sedang berada di dalam ruangan.

Hindari Bermain di Ruangan / Area yang Panas

Melanjutkan poin keempat di atas, disarankan sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone terutama untuk bermain game yang membutuhkan performa tinggi, di tempat atau ruangan yang cukup panas, misalnya di bawah terik sinar matahari langsung atau tempat sauna.

Sebab secara tidak langsung, panas dapat menyebabkan baterai lebib boros dan performa iPhone menjadi tidak optimal. Selain itu untuk jangka panjangnya juga akan berdampak pada kesehatan baterai iPhone yang lebih cepat menurun hingga menyebabkan kerusakan permanen.

Pastikan Baterai Cukup Terisi

Pastikan juga bahwa baterai pada iPhone sudah dalam kondisi cukup terisi penuh, hal ini untuk mencegah iPhone mengaktifkan mode daya rendah saat baterai mencapai 20% sehingga mengganggu jalannya permainan.

Kurangi Kualitas Grafik dalam Game

Menjalankan game-game berat seperti PUBG dalam waktu yang lama mungkin akan mengakibatkan iPhone cepat panas dan tidak jarang juga berujung pada performa game yang menjadi kurang maksimal

Untuk mengatasinya kalian dapat menurunkan kualitas grafik dalam game, biasanya untuk game-game tertentu menyediakan pilihan pada pengaturan untuk mengatur kualitas grafik.


Agar game dapat berjalan dengan lebih optimal dan lancar, disarankan untuk menurunkan kualitas grafik dalam game untuk mengurangi lag atau mendapatkan frame rate yang lebih baik.

Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang dan Update Otomatis

Beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak jarang menyebabkan penurunan performa iPhone, untuk mengatasinya kalian dapat menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar (Background App Refresh) melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.

Kemudian nonaktifkan juga update aplikasi otomatis melalui Pengaturan > App Store > Penguduhan Otomatis.

Update Game ke Versi Terbaru

Tidak jarang game yang tersedia untuk diupdate membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan yang dapat mengoptimalkan performa iPhone saat bermain game. Jadi, apabila tersedia rutinlah mengupdate game yang tersedia untuk diupdate melalui App Store.

Update iOS ke Versi Terbaru

Sama seperti aplikasi, mengupdate iOS juga berfungsi untuk meningkatkan performa iPhone serta membawa sejumlah pengoptimalan dan perbaikan.

Beberapa game tertentu juga tidak jarang membutuhkan iOS versi terbaru untuk dapat berjalan. Jadi untuk itu, sangat disarankan untuk secara rutin mengupdate versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia.

Untuk cek, download, dan install update iOS versi terbaru kalian bisa melakukannya melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan Lagi

Meskipun tidak digunakan, beberapa aplikasi yang mungkin sudah tidak diperlukan lagi dapat membebani kinerja iPhone tanpa diketahui. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan untuk meningkatkan performa iPhone.

Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai iPhone yang buruk atau sangat rendah dapat berdampak pada kurangnya performa iPhone dalam menjalankan game. Jadi, pastikan kalian secara rutin selalu memantau kesehatan baterai iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Apabila kesehatan baterai iPhone sudah terdeteksi perlu diganti (biasanya di bawah 80%), silakan ganti baterai baru untuk mendapatkan kembali performa maksimal iPhone.

Tips Tambahan Lainnya:

Tips-tips berikut mungkin saja tidak terlalu berpengaruh, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

  • Nonaktifkan sementara konektivitas yang sedang tidak digunakan, misalnya Bluetooth atau WiFi jika menggunakan data seluler
  • Coba Restart iPhone sebelum membuka game
  • Bersihkan Notifikasi yang menumpuk
  • Lepas case agar panas pada iPhone dapat dengan mudah diredam
  • Gunakan Fitur Jangan Ganggu
  • Disarankan untuk menonaktifkan Personal Hotspot jika aktif, karena dapat menguras performa dan baterai iPhone lebih banyak

Untuk meningkatkan performa lebih lanjut, cek juga tips menghemat baterai iPhone berikut kecuali untuk mengaktifkan mode daya rendah: Cara Menghemat Baterai iPhone yang Boros di iOS 14

Baik, itu saja informasi tips cara meningkatkan performa iPhone dan iPad saat bermain game. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)