Cara Memperkuat Sinyal di iPhone yang Lemah dan Sering Hilang

Sinyal seluler pada iPhone yang lemah, tidak stabil, bahkan menghilang (No Service / Tiada Layanan), dapat diakibatkan oleh beragam faktor, misalnya sedang berada di area yang sulit terjangkau sinyal, gangguan karena cuaca buruk atau sedang ada perbaikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips memperkuat dan meningkatkan sinyal pada iPhone agar menjadi lebih baik. 

Cara-cara ini tentu saja dapat dapat kalian terapkan pada beragam model iPhone seperti iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6S, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 8, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone 11, iPhone 12, serta beragam provider jaringan seluler seperti Telkomsel, XL, IM3, 3, Axis, By.u, dan lain sebagainya.

Nyalakan Mode Pesawat (Airplane Mode) Kemudian Matikan Kembali

Untuk menyegarkan dengan cara menghubungkan kembali jaringan seluler, kalian dapat mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) selama beberapa saat kemudian menonaktifkannya kembali.

Caranya, buka pusat kontrol kemudian tap pada icon pesawat atau buka aplikasi Pengaturan lalu nyalakan menu Mode Pesawat. Jika sudah, silakan tunggu hingga beberapa saat (sekitar 5 - 10 detik) kemudian matikan kembali Mode Pesawat tersebut dan lihat hasilnya.

Coba Pindah ke Tempat Lainnya

Beberapa area misalnya seperti sedang berada di dalam gedung atau tempat wisata yang jauh dari tower pemacar sinyal seluler, besar kemungkinan mengalami kesulitan untuk mendapatkan sinyal.

Selain itu beberapa area dengan pengguna yang ramai juga dapat mengakibatkan iPhone kesulitan untuk mendapatkan sinyal, alasannya cukup sederhana karena padatnya trafik pengguna seluler dalam satu area tersebut.

Sebagai solusi, pertimbangkan untuk coba mencari area lainnya khususnya yang lebih terbuka dan jauh dari keramaian agar mendapatkan sinyal seluler yang lebih baik

Pastikan Baterai iPhone dalam Keadaan Cukup Terisi

iPhone akan terus berusaha mencari sinyal ke tower terdekat hingga mendapatkan sinyal terbaik, hal ini tidak jarang membuat baterai pada iPhone menjadi lebih cepat habis. Jadi, disarankan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa baterai di iPhone kalian dalam keadaan cukup terisi.

Update ke iOS versi Terbaru

Pertimbangkan juga untuk coba mengupdate versi iOS di iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Restart iPhone

Restart pada iPhone berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem yang tidak jarang juga dapat memperbaiki masalah yang berhubungan dengan kualitas sinyal.

Untuk merestart iPhone, kalian cukup mematikan iPhone selama beberapa saat kemudian menyalakannya kembali.

Lepas Case iPhone

Meskipun kemungkinannya cukup kecil apalagi untuk iPhone terbaru saat ini, namun tidak ada salahnya untuk mencoba melepas case yang menempel pada iPhone agar antena sinyal iPhone dapat bekerja lebih optimal.

Bersihkan Kartu SIM

Kartu SIM yang kotor atau kendur juga memiliki kemungkinan dapat mengakibatkan kurang optimalnya jaringan pada iPhone. Pertimbangkan untuk melepaskan kartu SIM iPhone, dibersihkan (jika kotor), lalu dipasang kembali dan lihat hasilnya.

Pindah ke Jaringan yang Memadai

Sedang berada di area yang sulit mendapatkan sinyal 4G bahkan 5G? tidak masalah, kalian dapat menggunakan mode jaringan yang lebih rendah menyesuaikan dengan kondisi jaringan di area tersebut, tujuannya agar iPhone bisa mendapatkan kualitas sinyal yang stabil serta bekerja secara optimal.

Untuk mengubah jaringan pada iPhone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data.

Gunakan WiFi

Apabila cara-cara di atas tidak memberikan perubahan yang signifikan, sebagai solusi sementara kalian dapat menggunakan internet dari jaringan WiFi terutama jika sedang berada di area publik yang sulit mendapatkan sinyal, dalam kondisi ramai, hingga kondisi cuaca yang sedang buruk.

Solusi Terakhir...

Kuat atau tidaknya sinyal pada iPhone memang sangat dipengaruhi oleh area tempat kalian berada, terutama jarak antara iPhone ke tower sinyal seluler terdekat. Selain itu cuaca dan padatnya pengguna di suatu tempat, misalnya di mall, konser, tempat wisata, dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan iPhone kesulitan mendapatkan sinyal.

Selain itu adanya pemadaman listrik di area sekitar juga sangat berpengaruh pada jaringan yang sangat sulit didapatkan.

Jika iPhone masih juga kesulitan mendapatkan sinyal bahkan sering mengalami hilang sinyal, tidak lepas kemungkinan masalah juga datang dari iPhone itu sendiri, selengkapnya: