Tips Membersihkan RAM pada iPhone untuk Meningkatkan Performa

iPhone semakin terasa lambat saat menjalankan aplikasi maupun memainkan games? membersihkan RAM mungkin dapat menjadi solusi yang kalian butuhkan untuk meningkatkan performa iPhone.


RAM sendiri fungsinya sangat penting sebagai memori penampungan data sementara saat menjalankan beragam aktivitas, seperti membuka banyak aplikasi sekaligus hingga menjalankan game berat.

Meskipun iOS sendiri telah dibekali dengan manajemen RAM yang sangat baik, namun tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan iPhone tiba-tiba menjadi ngelag saat menjalankan aplikasi atau games tertentu, terutama bagi iPhone dan iPad yang bisa dikatakan sudah berusia lama atau memiliki kapasitas RAM yang cukup kecil.

Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara untuk meningkatkan performa iPhone, cukup dengan mengikuti tips membersihkan RAM berikut ini.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Hal pertama yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan RAM adalah dengan menutup seluruh aplikasi yang sedang tidak digunakan termasuk aplikasi yang berada dilatar belakang (multitask). Caranya silakan buka multitask iPhone (usap ke atas atau tekan tombol home dua kali), kemudian tutup aplikasi yang tidak digunakan (usap aplikasi ke atas).

Dikarenakan penggunaan RAM oleh aplikasi lainnya telah berkurang, aplikasi ataupun games yang akan dijalankan selanjutnya dapat secara optimal menggunakan ruang kosong pada RAM.

Restart iPhone

Cara ini pastinya sudah tidak asing lagi, dengan merestart atau mematikan kemudian menyalakan lagi iPhone, dapat membantu membersihkan RAM secara signifikan.

Untuk melakukannya sederhana, kalian cukup mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali, atau silakan ikuti tips sederhana untuk membersihkan ram iPhone berikut ini: Cara Simple Membersihkan RAM pada iPhone, iPad dan iPod

Nonaktifkan Fitur Segarkan App di Latar

Beberapa aplikasi pada iPhone dapat berjalan di latar belakang meskipun sedang tidak digunakan, menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar mungkin dapat membantu membersihkan RAM pada iPhone.

Dalam kasus tertentu menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar juga berdampak pada penggunaan baterai yang terasa lebih hemat, karena mengurangi beban kinerja iPhone.

Untuk menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.

Kurangi / Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Beberapa aplikasi yang sudah tidak lagi diperlukan mungkin saja dapat membebani kinerja iPhone secara diam-diam, terutama untuk aplikasi sosial media yang seringkali mengirimkan notifikasi.

Untuk itu sangat disarankan untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan atau digunakan lagi.

Update ke iOS versi Terbaru

Memang dalam kebanyakan laporan melakukan update ke iOS versi terbaru dapat memperlambat kinerja dan performa iPhone. Namun sepertinya Apple punya caranya sendiri, melakukan update ke iOS versi terbaru sangat disarankan demi mengoptimalkan performa iPhone disamping tetap mendapatkan fitur terbaru dari update iOS.

Solusi Lainnya...

Performa pada iPhone tidak sepenuhnya dapat ditingkatkan hanya dengan membersihkan RAM.

Di luar itu ada juga beberapa hal yang mungkin memengaruhi performa iPhone yang semakin lama terasa semakin menurun, contohnya:

  • iPhone yang sudah berusia lama (performa tidak terlalu mumpuni menjalankan aplikasi terkini)
  • Kesehatan Baterai yang mungkin sudah mulai memburuk sehingga berdampak pada performa
  • Aplikasi atau game yang dijalankan kurang optimal

Selain itu, bagi yang seringkali mengaktifkan Mode Daya Rendah perlu diketahui juga bahwa mode tersebut dalam beberapa kasus dapat menurunkan performa iPhone. Hal ini wajar saja sebab tujuan dari fitur tersebut tentu untuk menghemat penggunaan baterai, jadi bagi yang menginginkan performa yang tinggi saat menjalankan aplikasi atau games, pastikan iPhone tidak mengaktifkan Mode Daya Rendah.

Baik, itu saja tips meningkatkan performa iPhone dengan cara membersihkan RAM. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.