Cara Setting APN Personal Hotspot Indosat / IM3 Ooredoo di iPhone dan iPad

Access Point Name disingkat APN merupakan konfigurasi / pengaturan yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi dan menentukan jaringan pada suatu perangkat (dalam hal ini iPhone / iPad).

APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di sebuah perangkat dengan jaringan operator seluler yang digunakan.


Bagi pengguna iPhone maupun iPad, salah satu fungsi utama dari mengatur APN yaitu untuk mengaktifkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi yang digunakan untuk membagikan internet ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, USB, hingga Bluetooth.

Pada postingan ini Admin akan membagikan cara setting atau memasukkan APN Indosat / IM3 Ooredoo terkhusus untuk mengaktifkan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Setting APN Personal Hotspot Indosat / IM3 Ooredoo di iPhone dan iPad

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan iPhone / iPad

2. Lalu masuk ke dalam menu Seluler > Jaringan Data Seluler

3. Selanjutnya silakan masukan APN Indosat / IM3 Ooredoo pada kolom APN yang tersedia, khususnya pada menu Hotspot Pribadi

Berikut adalah APN IM3 / Indosat Ooredoo yang bisa digunakan (pilih salah satu):

  • indosatgprs
  • internet
  • lte
  • http://wap.indosat-m3.net/

Untuk informasi APN selengkapnya, kalian bisa mencoba menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.


4. Jika sudah, untuk menyegarkan kembali jaringan silakan restart jaringan dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


5. Untuk menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Namun apabila menu Personal Hotspot masih belum juga muncul, coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone.

Tutorial Video


Oke, itu saja informasi cara setting atau mengatur APN Personal Hotspot Indosat / IM3 Ooredoo di iPhone dan iPad. Apabila ada informasi yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!

Baca Juga: