Cara Hapus Aplikasi Cydia di iPhone yang Sudah Di-Jailbreak

Cydia merupakan aplikasi manajemen jailbreak yang umumnya ditemukan pada iPhone, iPad, maupun iPod touch yang sudah di-Jailbreak.


Tidak sedikit pengguna yang mungkin sudah tidak ingin iPhone-nya di-jailbreak lagi sehingga berencana untuk menghilangkannya dengan cara menghapus aplikasi Cydia.

Padahal perlu diketahui bahwa Jailbreak sendiri merupakan proses untuk membuka keamanan atau batasan-batasan yang ditetapkan oleh iOS, sedangkan Cydia sendiri adalah aplikasi untuk memanajemen jailbreak seperti menginstall tweak.

Mencoba menghapus aplikasi Cydia secara langsung tanpa melalui proses Restore iPhone atau mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik, tidak akan menghilangkan status jailbreak pada iPhone.

Bukan hanya Cydia, hal ini juga berlaku untuk aplikasi manajemen jailbreak bawaan atau yang sudah dipaketkan bersama dengan jailbreak tertentu, misalnya seperti aplikasi Sileo dan Zebra.

Menghapus Jailbreak dan Aplikasi Cydia dari iPhone

Nah, bagi yang berniat untuk menghapus aplikasi Cydia atau menghilangkan jailbreak secara total, sangat disarankan untuk melakukan proses Restore iPhone atau menghapus seluruh data-data pada iPhone kembali ke pengaturan pabrik / awal.

Cara ini hanya dapat dilakukan melalui bantuan komputer atau mac, dan cara yang sangat direkomendasikan untuk mengembalikan iPhone ke dalam keadaan pabrik dan menghapus total jailbreak beserta jejaknya adalah dengan me-restore iPhone (flashing) melalui IPSW.

IPSW sendiri merupakan file iOS (firmware) yang nantinya akan diinstall ke dalam iPhone (mirip proses flashing atau install ulang OS), tujuannya tentu saja untuk memperbarui dan mengembalikan iPhone kembali ke pengaturan pabrik / awal. Dengan cara ini jailbreak akan dihapus secara total tanpa sisa.

Bagaimana cara restore / flash IPSW iPhone, iPad, dan iPod touch? cara ini sudah pernah dibahas melalui postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone