Cara Mengunci Layar iPhone Saat Membuka Aplikasi atau Game dengan Guided Access

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad, maupun iPod touch, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengunci layar iPhone saat sedang membuka aplikasi atau bermain game, dalam artian mengunci agar aplikasi atau game yang sedang dijalankan tersebut tidak dapat dikeluarkan tanpa seizin kalian (dikunci menggunakan password).


Nah, hal ini sangat berguna untuk membatasi seseorang yang akan menggunakan iPhone tersebut agar tidak bisa menggunakan aplikasi lainnya (keluar) dari yang sudah dijalankan atau kalian tentukan. Apabila ingin keluar dari aplikasi atau game yang sudah kalian tentukan, maka harus memasukkan password terlebih dahulu.

Bagaimana keren kan?

Kalau begitu bagi yang ingin mengunci layar iPhone, iPad, maupun iPod touch saat sedang menjalankan aplikasi, game, atau apapun itu, disini kita akan menggunakan fitur bawaan iPhone yang namanya "Akses Terpandu" atau "Guided Access", berikut cara-caranya.

Cara Mengunci Layar iPhone Saat Membuka Aplikasi dan Game dengan Fitur Akses Terpandu (Guided Access)

1. Langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Akses Terpandu

3. Lalu aktifkan menu Akses Terpandu dan Pintasan Aksesibilitas


4. Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan Kode Sandi lalu pilih Atur Kode Sandi Akses Terpandu untuk mengatur password untuk fitur Akses Terpandu, selain itu kalian juga bisa menggunakan Face ID / Touch ID untuk mengakhiri Akses Terpandu dengan mengaktifkan menu Face ID atau Touch ID.


5. Jika sudah, untuk mencoba fitur Akses Terpandu silakan buka aplikasi atau game yang akan dikunci

6. Kemudian untuk mengaktifkan atau mengunci layar dengan fitur Akses Terpandu silakan:

  • iPhone dengan Face ID silakan tekan tombol Power / Samping sebanyak 3 kali
  • iPhone dengant tombol Home, silakan tekan tombol Home sebanyak 3 kali

7. Apabila sudah maka akan muncul menu Akses Terpandu untuk mengunci layar aplikasi atau game yang telah dibuka, sebelum memulai silakan pilih menu Pilihan untuk mengatur fitur Akses Terpandu misalnya seperti menerapkan batas waktu, membatasi keyboard, akses tombol volume, tombol samping, dll.


8. Selain itu kalian juga dapat menonaktifkan sentuhan pada area layar aplikasi yang diinginkan, dengan cara menggambar bentuk lingkaran, persegi, atau apapun


9. Setelah siap, langsung saja klik tombol Mulai dan fitur Akses Terpandu secara otomatis akan mengunci akses layar dari aplikasi sesuai dengan yang sudah kalian atur sebelumnya


10. Untuk mengakhiri Akses Terpandu, silakan tekan 3 kali tombol Power / Home kemudian masukkan password dan tap Akhiri


Bagaimana gampang kan?

Secara default fitur Akses Terpandung akan mengunci layar iPhone sesuai dengan waktu kunci layar iPhone. Untuk mengaktifkan agar layar tidak terkunci otomatis saat fitur Akses Terpandu diaktifkan, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Akses Terpandu > Kunci-Auto Layar lalu pilih waktu yang diinginkan.

Baik, itu saja informasi cara mengunci layar iPhone, iPad, maupun iPod touch saat sedang membuka aplikasi atau game. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.