Apakah iPhone Dalam Keadaan Mati Bisa Dilacak?

iPhone (termasuk iPad dan iPod touch) yang hilang atau bahkan dicuri, dapat dengan mudah dilacak secara langsung dengan syarat apabila iPhone tersebut masih dalam keadaan menyala, fitur Lacak (cari iPhone saya / find my iPhone) dalam keadaan aktif, dan tersedia juga koneksi internet (dari data seluler).

Jika syarat sudah terpenuhi, kalian cukup mengakses situs Find My iPhone dari perangkat lainnya untuk melacak lokasi iPhone yang hilang tersebut. Apabila kalian memiliki perangkat lainnya (iPhone, iPad, iPod touch, atau Mac) yang terhubung ke dalam satu akun iCloud yang sama dengan iPhone yang hilang, maka pelacakan dapat dilakukan melalui aplikasi Lacak.
 

Itu jika beruntung, namun dalam kebanyakan kasus tidak semua iPhone yang hilang dapat memenuhi syarat untuk dilacak keberadaannya secara langsung, iPhone yang kehabisan baterainya atau mungkin sengaja dimatikan (termasuk dicabut kartu SIM) menimbulkan kekhawatiran apakah iPhone dapat dilacak keberadaanya atau tidak.

Lalu apakah iPhone dalam keadaan mati dapat dilacak lokasinya? dan apa saja solusi untuk menemukan iPhone tersebut?

Apakah iPhone Dalam Keadaan Mati Bisa Dilacak?

Syarat-syarat untuk dapat melacak keberadaan iPhone yakni aktifnya fitur Cari iPhone Saya (Find My iPhone) pada iPhone yang hilang tersebut, tersedianya koneksi internet pada iPhone, dan tentu saja iPhone harus dalam keadaan menyala.

Secara sederhana kalian tidak dapat melacak keberadaan iPhone yang sudah dalam keadaan mati, sebab untuk dapat berkomunikasi dengan server atau mengirimkan lokasinya, iPhone yang hilang tersebut membutuhkan sambungan ke internet dan tentu saja iPhone juga harus dalam keadaan menyala.

Memanfaatkan Fitur Jaringan Lacak iPhone

Salah satu harapan untuk menemukan iPhone yang hilang yakni dengan memanfaatkan fitur Jaringan Lacak (Find My network). Fitur ini dapat melacak keberadaan iPhone kalian meskipun iPhone sedang tidak terhubung ke internet / offline.

Meski begitu kemungkinannya bisa dibilang cukup kecil.


Jaringan Lacak (Find My network) bekerja secara anonim dengan memanfaatkan jaringan Bluetooth untuk berkomunikasi ke perangkat lain yang berhasil ditemukan disekitarnya. Perangkat lain tersebut dapat secara otomatis membantu menemukan dan mengirimkan perkiraan lokasi iPhone yang hilang ke pemiliknya.

Karena anonim berarti tidak ada yang dapat melihat lokasi iPhone yang hilang tersebut selain daripada kalian sendiri, entah itu Apple maupun pemilik iPhone yang secara kebetulan mengaktifkan fitur Jaringan Lacak (Find My network) yang membantu menemukan iPhone kalian yang hilang.

Fitur ini umumnya sudah dalam keadaan aktif ketika pengguna mengaktifkan fitur Cari iPhone Saya (Find My iPhone).

iPhone akan Mengirimkan Lokasi Terakhirnya Saat Baterai Hampir Habis

iPhone dapat secara otomatis mengirimkan lokasinya ke Apple ketika baterainya terdeteksi akan segera habis. Dengan begitu maka pengguna dapat melihat lokasi terakhir iPhone sebelum akhirnya kehabisan baterai, hal ini dapat menjadi indikator untuk mencari atau menemukan keberadaan iPhone.

Namun lagi-lagi, hal tersebut hanya dapat dilakukan apabila sebelumnya kalian telah mengaktifkan fitur Kirim Lokasi Terakhir (Send Last Location) pada pengaturan Cari iPhone Saya, atau biasanya secara acak (dalam aplikasi Lacak) kalian akan diminta untuk mengaktifkannya. Tidak sampai disitu, koneksi internet yang aktif pada iPhone juga dibutuhkan agar iPhone dapat mengirimkan lokasi terakhirnya.


Perlu diketahui juga bahwa iPhone yang sudah lebih dari 24 jam sejak mengirimkan lokasi terakhirnya berpotensi tidak dapat dilacak keberadaannya lagi, tak terkecuali iPhone dinyalakan oleh seseorang yang menemukannya dan iPhone dapat terhubung kembali ke jaringan internet.

Solusi Terakhir: Tandai Perangkat Hilang

Solusi terakhir yang dapat kalian lakukan adalah menandai perangkat hilang melalui Cari iPhone Saya (Find My iPhone) dan memberikan pesan dari jarak jauh, dengan harapan apabila ada seseorang yang menemukannya dapat membaca pesan yang kalian kirimkan dan berinisiatif untuk mengembalikannya.

Namun lagi-lagi iPhone harus kembali ke dalam keadaan Online (menyala + terhubung ke internet) terlebih dahulu untuk dapat menerapkan tanda.

Untuk menandai perangkat / iPhone sebagai hilang, silakan login iCloud / Cari iPhone Saya (Find My iPhone) dan temukan iPhone kalian yang hilang lalu aktifkan menu Tandai Sebagai Hilang.


Apakah Data-data pada iPhone Aman Ketika Hilang?

Salah satu hal yang mungkin menjadi kekhawatiran adalah Privasi atau data-data pada iPhone tersebut mungkin saja dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh seseorang yang berhasil menemukannya.

Namun tidak perlu khawatir untuk data yang terdapat pada iPhone sendiri selama iPhone tersebut dikunci dengan password (aktifkan juga fitur Tandai Sebagai hilang), maka data-data pada iPhone tidak dapat diakses oleh siapapun yang menemukannya selain kalian sebagai pemiliknya.