Perbedaan AssistiveTouch Bulat dan Kotak pada iPhone

AssistiveTouch merupakan salah satu pintasan aksesibilitas yang dimiliki oleh iPhone, iPad, hingga iPod touch. Dengan adanya AssistiveTouch pengguna dapat mengaktifkan beragam pintasan seperti Screenshot, Mengatur Volume, Lock iPhone, Mute / Silent, dan lain sebagainya.


Ketika diaktifkan, maka AssistiveTouch dengan bentuk ikon kecil yang tampil di layar iPhone kalian akan selalu siap digunakan di dalam menu atau aplikasi apapun, jika tidak sedang digunakan AssistiveTouch akan membuat dirinya terlihat lebih transparan sehingga tidak mengganggu tampilan pada layar.

Popularitas AssistiveTouch dikalangan pengguna iPhone banyak menimbulkan pertanyaan seputar bentuk yang dimiliki oleh AssistiveTouch, yakni Bulat dan Kotak (lingkaran atau persegi dengan sudut tumpul).

Perbedaan AssistiveTouch Bulat dan Kotak

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara AssistiveTouch yang berbentuk Bulat dan AssistiveTouch yang berbentuk Kotak keduanya memiliki fungsi yang sama, sedikit hal yang membedakan hanyalah bentuk dan perangkat yang menggunakannya.

Untuk AssistiveTouch berbentuk Bulat digunakan oleh iPhone dengan Layar Penuh (Notch), sebagai contoh iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, dan iPhone 12.


Sedangkan untuk AssistiveTouch berbentuk Kotak dimiliki oleh iPhone dengan Tombol Home seperti iPhone 6S, iPhone 7, iPhone 8, dan iPhone SE.


Lalu bagaimana untuk iPad? meskipun sudah menggunakan layar penuh tanpa tombol Home seperti contohnya iPad Pro 2020, iPad Air (Gen-4) 2020, maupun iPad Pro 2021, namun seluruh jajaran iPad sampai saat ini hanya memiliki AssistiveTouch berbentuk Kotak.

Bagi yang sudah lama menggunakan iPhone (setidaknya sebelum iPhone X dirilis) pasti tahu bahwa bentuk dari AssistiveTouch yang pertama kali dirilis adalah Kotak.

Entah apa alasan Apple mengubah AssistiveTouch iPhone ke bentuk Bulat namun ada kemungkinan karena ukuran layar penuh dari iPhone X yang sedikit melengkung di masing-masing sudutnya (ditambah adanya Notch), sehingga AssistiveTouch terlihat lebih cocok jika berbentuk lebih bulat.

Bagaimana Cara Mengubah Bentuk AssistiveTouch dari Kotak ke Bulat atau Sebaliknya?

Sampai saat ini Apple tidak memberikan menu yang dapat digunakan untuk mengubah bentuk AssistiveTouch dari Kotak ke Bulat maupun sebaliknya Bulat ke Kotak.

Jadi jawabannya untuk saat ini yakni: tidak bisa.