Cara Mengubah Tampilan Tema iPhone Menjadi Gelap / Hitam

Ingin mengubah mengubah tema tampilan pada iPhone menjadi hitam / gelap? jika ya maka kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah.


Untuk mengubah tema tampilan iPhone menjadi hitam / gelap yang perlu kalian lakukan hanyalah mengaktifkan fitur Mode Gelap (Dark Mode).

Dengan aktifnya fitur Mode Gelap maka tampilan menu dalam aplikasi (yang mendukung) akan berubah menjadi dominan ke warna yang lebih gelap, sebagai contoh teks yang berwarna hitam akan berubah menjadi warna putih dengan latarnya yang luas dan berwarna putih akan berubah menjadi warna hitam, atau jika kalian menggunakan wallpaper bawaan iPhone maka tampilan wallpaper juga akan berubah warna menjadi lebih gelap.

Bagaimana terlihat menarik bukan? kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk cara mengaktifkan Mode Gelap di iPhone, iPad, dan iPod touch.

Cara Mengubah Tampilan Tema iPhone Menjadi Gelap / Hitam

Sebagai catatan, cara ini membutuhkan minimal versi iOS 13 atau lebih baru.

Cara #1: Melalui Aplikasi Pengaturan

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Tampilan & Kecerahan

2. Jika sudah pada menu Tampilan silakan aktifkan atau pilih menu Gelap


3. Seketika tampilan iPhone kalian akan berubah menjadi lebih gelap / dominan berwarna hitam

4. Untuk mengembalikan ke tampilan mode terang silakan tap menu Terang

Cara #2: Melalui Pusat Kontrol

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone lalu masuk ke menu Pusat Kontrol


2. Kemudian cari menu pintasan Mode Gelap dan tambahkan ke dalam Pusat Kontrol


3. Jika sudah silakan buka Pusat Kontrol dan tap ikon pintasan Mode Gelap untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan Mode Gelap


4. Untuk mengembalikan ke tampilan mode terang silakan tap kembali ikon Mode Gelap tersebut

Cara Mengubah Wallpaper iPhone ke Mode Gelap

Saat ini hanya wallpaper bawaan iPhone saja yang diketahui dapat berubah tampilan mengikuti Mode Gelap ataupun Mode Terang.

Untuk mengubah ke wallpaper bawaan iPhone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Wallpaper > Pilih Wallpaper Baru kemudian pilih mode wallpaper antara Diam atau Live.


Bagaimana mudah bukan? tampilan gelap cocok bagi kalian yang suka menatap layar dalam waktu yang lama seperti memudahkan untuk membaca tulisan / teks.

Selain itu bagi pengguna iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan seterusnya, dengan mengaktifkan Mode Gelap juga dapat membantu menghemat penggunaan baterai.

Khusus bagi pengguna iOS 12 seperti iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus, kalian dapat menggunakan alternatif lainnya (meskipun tidak sama) yakni fitur Pembalikan Cerdas, untuk mencobanya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Akomodasi Tampilan > Balikkan Warna. Selengkapnya: Alternatif Mode Gelap / Dark Mode untuk Pengguna iPhone 6, 6 Plus dan 5S iOS 12