Cara Mengatasi PWM Flickering pada Layar OLED iPhone dan iPad

Sebagian pengguna iPhone dan iPad mungkin merasakan sakit kepala, kelelahan dan ketegangan pada mata, hingga mual saat menatap layar yang diakibatkan oleh efek PWM Flickering pada layar.


Lalu apa sih itu PWM Flickering?

PWM atau Pulse-width modulation merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pembuat layar (produsen) untuk mengatur kecerahan layar. PWM dianggap sebagai cara mudah (atau hemat biaya) dalam mengontrol kecerahan layar, namun disisi lain PWM dapat memiliki kekurangan, yakni kedipan / flickering yang mungkin menyebabkan mata tegang atau kelelahan, sakit kepala, hingga mual pada sebagian pengguna.

PWM biasanya akan lebih terasa efeknya ketika menatap layar OLED seperti yang digunakan oleh iPhone X, iPhone XS, iPhone 11 Pro, atau jajaran iPhone 12.

Cara Mengurangi efek PWM pada Layar iPhone

Mengurangi efek PWM sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan kecerahan layar penuh, namun begitu tentu kecerahan layar yang terlalu terang (terutama dalam kondisi pencahayaan sekitar yang sedikit gelap) dapat membuat mata cepat perih.

Sebagai solusinya setelah mengatur kecerahan layar ke tingkat yang tinggi, kalian dapat menurunkannya dengan mengaktifkan menu "Kurangi Titik Putih" melalui pengaturan aksesibilitas. Jika beruntung, maka kalian akan merasakan perbedaan ketika menggunakan pengaturan ini dibandingkan pengaturan normal.

1. Pertama silakan atur terlebih dahulu kecerahan layar pada iPhone atau iPad kalian ke tingkat tertinggi

2. Setelah itu buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks


3. Jika sudah silakan aktifkan menu Kurangi Titik Putih lalu seketika kecerahan layar akan berkurang mengikuti tingkat yang diatur


4. Atur intensitas warna cerah pada menu Kurangi Titik Putih hingga tampilan sesuai atau nyaman ditatap

Jika beruntung maka bagi kalian yang sensitif terhadap PWM akan merasakan adanya perubahan yang lebih baik saat menatap layar.

Tips Tambahan:

  • Usahakan untuk menghindari menatap layar iPhone saat kondisi ruangan gelap
  • Jaga jarak antara mata dan layar agar jangan terlalu dekat
  • Khusus bagi yang sangat sensitif terhadap PWM Flickering dapat mencoba menggunakan iPhone dengan layar LCD (layar LCD umumnya menghasilkan efek PWM yang lebih rendah)