Trik Cara Buka Kunci Password iPhone dengan Suara

Membuka kunci iPhone secara cepat dapat dilakukan melalui Face ID (pemindai wajah) atau Touch ID (sidik jari), dengan adanya Face ID atau Touch ID pengguna tidak perlu lagi memasukkan password pada iPhone secara manual.


Namun, tahukah kalian bahwa ada trik yang dapat digunakan untuk membuka kunci iPhone melalui suara? ya, kalian dapat mengatur perintah suara untuk membuka kunci iPhone.

Tetapi perlu diketahui bahwa hal ini bukanlah metode resmi yang disediakan oleh Apple untuk menggantikan Face ID atau Touch ID, melainkan disini kita akan memanfaatkan fitur Kontrol Suara (Voice Control), yakni dengan mengatur terlebih dahulu perintah untuk menyentuh bagian layar secara otomatis sesuai dengan urutan saat memasukkan password, kemudian menjalankan perintah tersebut dengan suara saat berada pada layar untuk memasukkan password iPhone.

Karena sentuhan yang diatur maksimal hanya mencapai 5 saja, jadi pengguna perlu mengubah password ke 4 Digit sebelum melanjutkan (bisa juga menggunakan password alfanumerik namun akan menjadi lebih rumit dan maksimal hanya sebanyak 5 saja sesuai maksimal sentuhan).

Baik, kalau begitu biar tidak bingung langsung saja ikuti trik cara membuka kunci password iPhone dengan menggunakan Suara berikut ini:

Trik Cara Buka Kunci Password iPhone dengan Suara

1. Silakan ubah terlebih dahulu password iPhone kalian ke 4 Digit, caranya buka aplikasi Pengaturan > Face ID / Touch ID & Kode Sandi > Ubah Kode Sandi > Masukkan password saat ini kemudian tap pada menu Pilihan Kode Sandi dan pilih Kode Numerik 4 Digit


Pada tahap ini kalian disarankan untuk menonaktifkan sementara fungsi Face ID atau Touch ID untuk membuka iPhone, atau kalian juga bisa membiarkannya namun pastikan saat nantinya akan membuka iPhone kalian harus masuk ke menu untuk memasukkan password iPhone.


2. Setelah password diubah menjadi 4 Digit sekarang kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan lalu pilih menu Aksesibilitas > Kontrol Suara lalu nyalakan menu Kontrol Suara


Sebagai catatan, fitur Kontrol Suara mungkin saja akan mulai mendownload informasi bahasa sesuai yang digunakan pada iPhone, silakan tunggu hingga selesai terlebih dahulu sebelum melanjutkan.


3. Jika sudah, langsung saja masuk ke menu Sesuaikan Perintah > Khusus


4. Selanjutnya pada kolom Frasa silakan masukkan perintah suara yang diinginkan, sebagai contoh disini Admin menggunakan perintah "Unlock my Phone please", jika sudah silakan tap menu Tindakan lalu pilih lagi Jalankan Gerakan Khusus


5. Nah, apabila sudah tampil menu untuk mengatur gerakan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut, langsung saja kunci iPhone dengan cara menekan tombol samping / lock / kunci


6. Kemudian pada tampilan layar untuk memasukkan password iPhone, silakan hafalkan area sentuhan pada layar saat memasukkan password.

Sebagai contoh disini Admin menggunakan password 1-2-3-4 (hanya untuk contoh tidak disarankan menggunakan password 1-2-3-4 karena sangat mudah ditebak).


7. Jika sudah hafal sentuhan pada area layar untuk memasukkan password, silakan buka dulu password iPhone, kemudian kembali ke menu untuk mengatur gerakan lalu atur atau sentuh sesuai dengan area saat akan memasukkan password iPhone. Jika sudah langsung saja tap Simpan.


8. Jika sudah silakan tap kembali / Perintah Baru lalu pilih lagi Simpan


9. Terakhir silakan kunci iPhone, kemudian ketika berada pada layar untuk memasukkan password iPhone, silakan ucapkan perintah sesuai dengan yang tadi sudah diatur (lihat langkah ke #4), jika sudah maka iPhone secara otomatis akan menjalankan perintah sentuhan seperti yang diatur (lihat langkah ke #7).

10. Jika sentuhan yang diatur akurat dan tepat, maka iPhone akan terbuka karena password telah diisi / sentuh otomatis oleh perintah yang sebelumnya telah dibuat :)


Bagaimana apakah sudah berhasil? terlihat keren bukan? secara sederhana metode yang digunakan yakni membuat perintah sentuhan sesuai dengan area saat akan memasukkan password iPhone, kemudian menjalankan perintah tersebut melalui suara. Hal ini dapat dilakukan berkat adanya fitur atau menu Kontrol Suara (Voice Control).

Cara ini juga cocok atau dapat diterapkan apabila iPhone kalian mengalami masalah pada fungsi Face ID maupun Touch ID.

Hanya saja kekurangannya mungkin baterai pada iPhone akan sedikit lebih boros karena Mic yang selalu stand by untuk menerima perintah suara.

Baik, itu saja informasi trik cara membuka kunci password pada iPhone, iPad, dan iPod touch menggunakan suara. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)