Perbedaan iPhone GSM dan Global

Banyaknya pertanyaan seputar perbedaan antara iPhone versi Global dan iPhone versi GSM mengundang niat Admin untuk membagikan penjelasan di antara kedua iPhone tersebut.

Kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja simak penjelasannya di bawah berikut ini.


Perbedaan iPhone Global dan GSM

iPhone Global adalah istilah yang sering merujuk pada iPhone yang telah mendukung dua teknologi jaringan secara bersamaan yakni antara GSM dan CDMA, sedangkan iPhone GSM hanya mendukung jaringan GSM saja.

Pada dasarnya GSM atau Global System for Mobile Communications adalah standar teknologi jaringan yang digunakan oleh banyak negara termasuk Indonesia saat ini.

Jadi antara iPhone Global dan GSM seharusnya tidak menjadi masalah untuk menggunakan jaringan dari banyak operator di Indonesia, tak terkecuali kalian ingin menggunakan layanan CDMA yang saat ini sepertinya sudah mulai ditinggalkan.

Perbedaan Frekuensi

Selain perbedaan di atas tadi iPhone Global juga sering merujuk pada iPhone yang dapat menggunakan atau mendukung jaringan seluler di hampir seluruh negara.

Karena seperti yang diketahui setiap negara memiliki dukungan frekuensi jaringan yang berbeda-beda, hal ini juga dapat dilihat dari model iPhone yang diedarkan.

Selengkapnya bisa kalian cek melalui halaman website berikut: https://www.apple.com/iphone/cellular/ dan https://support.apple.com/en-us/HT201296

Sedangkan iPhone GSM hanya dapat digunakan pada negara yang telah mendukung jaringan GSM yang mana saat ini hampir seluruh negara mungkin sudah mendukung jaringan GSM.

Perbedaan IPSW

Nah, bagi yang suka me-restore iOS melalui file IPSW perlu diperhatikan juga bahwa perbedaan IPSW untuk iPhone GSM dan iPhone Global untuk saat ini hanya ada di beberapa model iPhone saja.

Bagi yang masih bingung untuk memilih IPSW silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone lalu masuk ke menu Umum > Mengenai kemudian tap pada menu Nomor Model hingga muncul kombinasi 4 huruf/angka.

Jika sudah silakan masukkan kombinasi tesebut melalui website berikut untuk mengidentifikasi IPSW yang cocok untuk iPhone kalian: https://ipsw.me/device-finder

Penutup...

Oke, itu saja kira-kira informasi seputar perbedaan antara iPhone GSM dan iPhone Global yang dapat Admin sampaikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.