Alasan Kenapa Harga iPhone 13 Bisa Lebih Murah dari iPhone 12

Tidak sedikit pertanyaan yang Admin temukan seputar "Mengapa harga iPhone 13 lebih murah dibandingkan iPhone 12" atau sebaliknya "Mengapa harga iPhone 12 lebih mahal dari iPhone 13?".

Nah, sebenarnya ada cukup banyak faktor yang menyebabkan harga iPhone 12 bisa menjadi lebih mahal dari iPhone 13, terutama mengingat kedua iPhone tersebut hanya berbeda satu generasi saja.

1. Model iPhone


Saat ini Apple seringkali merilis satu generasi iPhone dengan model yang berbeda-beda, contohnya ada 4 buah model iPhone 12 yang dirilis oleh Apple, yakni iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

iPhone 12 dan iPhone 12 mini merupakan versi termurah yang bisa didapatkan. Sedangkan iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Pro memiliki harga yang terlampau lebih mahal karena tergolong iPhone versi Premium/Istimewa dengan beragam fitur yang lebih lengkap.

Di generasi iPhone 13 pun sama, iPhone 13 dan iPhone 13 mini tergolong iPhone versi murah, sedangkan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max tergolong versi Premium dengan harga lebih mahal.

Jadi, tidak heran kan mengapa iPhone 12 Pro Max atau iPhone 12 Pro memiliki harga yang lebih mahal ketimbang iPhone 13 dan iPhone 13 mini.


2. Kapasitas Penyimpanan


Perlu dicatat juga bahwa kapasitas penyimpanan sangat mempengaruhi harga iPhone, semakin tinggi kapasitas penyimpannya semakin mahal juga iPhone tersebut.

Jadi, apabila kalian membandingkan iPhone 12 Pro dengan kapasitas 512GB dengan iPhone 13 Pro 128GB, tidak menutup kemungkinan iPhone 12 Pro 512GB memiliki harga yang jauh lebih mahal.

3. Garansi dan Penjualan


Secara umum saat ini terdapat dua jenis iPhone yang dijual berdasarkan garansi atau pemasarannya, yakni antara iPhone Internasional dan iPhone dari reseller resmi atau authorized Apple seperti dari iBox atau Digimap.

iPhone Internasional biasanya merupakan iPhone yang dibawa secara langsung oleh perorangan tanpa adanya layanan purna jual, hal inilah yang menyebabkan harga iPhone Internasional lebih murah dibandingkan iPhone resmi iBox.

Sedangkan iPhone seperti dari iBox atau Digimap memiliki harga yang lebih mahal karena terdapat layanan purna jual serta proses garansi yang lebih mudah dilakukan.

Jadi, meskipun keduanya sama-sama iPhone namun perbedaan layanan purna jual dan kemudahan garansi adalah faktor yang menyebabkan perbedaan harga.


4. Baru, Rekondisi, atau Second


iPhone baru tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan iPhone Rekondisi (Refurbished) dan iPhone Second.

Bagi yang belum tahu iPhone Rekondisi adalah iPhone yang sebelumnya mengalami kerusakan kemudian diperbaiki lalu dijual kembali. Sedangkan iPhone Second adalah iPhone Bekas, umumnya iPhone Rekondisi termasuk juga iPhone Bekas.

Jadi, apabila kalian membandingkan antara iPhone baru dan iPhone Second/Refurbished tentu saja harganya akan lebih mahal meskipun generasi iPhone tersebut tergolong lebih lama.

5. Kondisi Tambahan Lainnya


Kondisi-kondisi penyerta lainnya seperti apakah iPhone Dual Nano SIM atau eSIM, apakah iPhone terikat kontrak dengan operator tertentu, apakah iPhone memiliki kekurangan/kerusakan, apakah iPhone (Internasional) sudah bayar pajak atau belum, dan lain sebagainya, merupakan faktor yang menyebabkan perbedaan harga cukup signifikan.

Selain itu warna iPhone yang paling diminati biasanya memiliki harga yang lebih tinggi meskipun tidak signifikan juga.


Penutup..

Bagaimana apakah sudah tau kira-kira faktor-faktor yang menyebabkan harga iPhone 13 lebih murah dari iPhone 13 atau iPhone 12 lebih mahal dari iPhone 13?

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.