Penyebab Layar iPhone Redup/Gelap Sendiri Saat Main Game

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa layar iPhone mereka tiba-tiba saja meredup atau gelap dengan sendirinya meskipun tingkat kecerahan layar sudah diatur ke paling tinggi.

Lalu apa sih penyebabnya dan bagaimana cara-cara mengatasinya?

Penyebab Layar iPhone Redup/Gelap Sendiri Saat Main Game


1. Kecerahan Otomatis

Secara default iPhone akan mengatur kecerahan layar secara otomatis mengikuti pencahyaan disekitarnya. Tidak jarang hal ini malah membuat layar sulit terlihat karena kecerahan yang terlalu gelap terutama ketika sedang bermain game.

Solusinya silakan nonaktifkan fitur Kecerahan Otomatis melalui aplikasi Pengaturan > Akesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.

2. Overheat

Seperti yang diketahui bermain game dengan intensitas grafik yang tinggi, contohnya saja seperti game PUBG, dapat meningkatkan suhu panas pada iPhone. Ketika suhu meningkat iPhone akan mengurangi kecerahan layar untuk meredam panas berlebih serta mencegah kerusakan pada layar.

Penyebab panas berlebih pada iPhone salah satunya adalah bermain di tempat dengan kondisi yang panas, sambil dicharge, menggunakan kecerahan layar sangat tinggi dalam waktu yang lama, atau karena koneksi data seluler yang sedang buruk sehingga membebani kinerja iPhone.

Solusi:

  • Istirahatkan iPhone sebentar hingga suhunya dingin
  • Restart iPhone
  • Kurangi kecerahan layar atau bermainlah di dalam ruangan
  • Pastikan iPhone teraliri udara segar (misalnya dari kipas)
  • Jangan main sambil dicharge
  • Aktifkan Mode Daya Rendah
  • Gunakan jaringan internet dari WiFi apabila tersedia (sementara aktifkan Mode Pesawat juga jika memungkinkan)
  • Lepas case jika perlu


3. Bug iOS

Kecerahan Otomatis sudah dalam keadaan dinonaktifkan? iPhone juga tidak panas alias normal-normal saja? ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh bug pada iOS.

Solusinya silakan tutup game lalu buka kembali atau silakan Restart iPhone kalian. Selain itu disarankan juga untuk mengupdate iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Penutup...

Bagaimana apakah sudah berhasil? Admin harap begitu ya.

Oke, itu saja informasi dari penyebab layar iPhone Redup/Gelap sendiri saat bermain game serta cara-cara mengatasinya yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.