iPhone Muncul Battery, Camera, atau Display Unknown Part, Apa Artinya?

Mungkin beberapa pengguna iPhone menemukan pesan menu "Unknown Part" atau "Komponen Tidak Dikenal" yang muncul pada menu Mengenai (About) dalam aplikasi Pengaturan.

Lalu apa artinya dan mengapa menu tersebut muncul?

Arti Battery, Camera, atau Display Unknown Part (Komponen Tidak Dikenal)


Melalui iOS 15.2 iPhone akan menampilkan status apabila terdeteksi pernah diperbaiki/servis sebelumnya.

Status ini ditandai dengan munculnya menu seperti Baterai (Battery), Kamera (Camera), atau Layar (Display) yang diikuti status:

  • Unknown Part/Komponen Tidak Dikenal menandakan bahwa komponen tersebut tidak asli, telah ditukar, tidak berfungsi sesuai harapan, atau tidak komplit.
  • Apple Genuine Part/Komponen Apple Asli menandakan bahwa iPhone telah diperbaiki menggunakan komponen dan alat asli dari Apple.

Apabila komponen Baterai, Kamera, atau Layar pada iPhone tidak pernah diganti atau diperbaiki sebelumnya, maka menu di atas tidak akan muncul.


Saat ini Pendeteksian Hanya Mencakup Baterai, Kamera, dan Layar

Ya, pendeteksian di atas hanya terbatas pada Baterai, Kamera, dan Layar saja, itupun memiliki batasan di setiap model iPhone.

  • iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone SE Gen-2: pendeteksian terbatas pada Baterai.
  • iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max: pendeteksian terbatas pada Baterai dan Layar.
  • iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max: pendeteksian mencakup Baterai, Kamera, dan Layar.

Jadi, apabila komponen lain pada iPhone seperti mikrofon, port charger, dan lain sebagainya pernah diganti maka iPhone tidak akan menampilkannya.

Nah, meski begitu apabila kalian ingin mendeteksi lebih lengkap komponen pada iPhone apa saja yang kira-kira pernah diganti sebelumnya, terutama bagi yang mendapatkan iPhone tersebut dalam kondisi bekas, caranya silakan gunakan aplikasi 3uTools.

Selain lebih lengkap aplikasi 3uTools dapat mendeteksi hampir semua model iPhone tanpa terkecuali. Cara-caranya cek melalui postingan berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Penutup...

Sehubungan dengan rencana Apple yang segera akan mengizinkan pengguna untuk memperbaiki iPhone mereka sendiri atau melalui perbaikan pihak ketiga, menu di atas dapat menjadi indikator yang cukup penting.

Sebab seperti yang diketahui mengganti komponen seperti layar dengan komponen yang tidak asli atau melalui alat resmi dari Apple, dapat mengakibatkan fungsi seperti Face ID atau Touch ID menjadi tidak bekerja.

Hal inilah yang menyebabkan beberapa iPhone second yang sering dijumpai dilabeli dengan "Non" atau "Off" pada Face ID maupun Non Touch.