Arti dan Maksud dari iPhone Non Touch ID / Face ID

Dalam dunia Jual Beli khususnya untuk produk iPhone dan iPad, tidak jarang ditemukan produk yang dijual dengan tambahan keterangan / istilah "Non Touch ID" dan "Non Face ID".


Tidak sedikit orang yang belum paham dengan maksud dari istilah tersebut, entah karena kurangnya informasi dari penjual atau hanya dengar-dengar saja.

Lalu apa sih sebenarnya arti dan maksud dari istilah tersebut?

Arti dan Maksud dari iPhone Non Touch ID atau Non Face ID

Touch ID adalah sensor sidik jari yang dimiliki oleh sebagian iPhone sebagai fitur keamanan. Dengan adanya Touch ID kalian dapat membuka kunci iPhone hingga melakukan mengonfirmasi pembayaran cukup dengan Sidik Jari yang telah terdaftar sebelumnya.

Sedangkan Face ID merupakan sensor pemindai wajah yang dimiliki oleh sebagian besar iPhone keluaran terbaru, seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 12, dan seterusnya. Sama seperti di atas, Face ID digunakan juga untuk membuka kunci iPhone, mengonfirmasi pembayaran, membuat animoji, dan lain sebagainya.

Istilah Non Touch ID sendiri merujuk pada fitur Touch ID / Sidik Jari yang ada pada iPhone tersebut tidak bisa berfungsi atau bekerja. Jadi, iPhone tidak dapat menggunakan fitur keamanan sidik jari. Begitu juga dengan Non Face ID yang berarti fitur Face ID / Pemindai Wajah pada iPhone tersebut tidak dapat berfungsi atau bekerja.

Selain istilah Non Touch ID / Non Face ID di atas, ada juga istilah lainnya yang menggambarkan kondisi serupa, seperti "Minus" Touch ID / Face ID dan "FP" (fingerprint) atau "Face ID" ON / OFF.

Baca Juga :


iPhone dengan kondisi Touch ID dan Face ID yang tidak bisa bekerja, biasanya disebabkan oleh kerusakan karena pemakaian atau penggantian komponen (diservice) tidak melalui jalur resmi Apple. Tidak jarang iPhone dengan kondisi ini merupakan iPhone Refurbished atau bekas service.

Kekurangan iPhone Non Touch ID dan Non Face ID

Perlu disayangkan, tanpa berfungsinya Touch ID dan Face ID ada cukup banyak hal yang akan kalian dapatkan.

Untuk Touch ID sendiri tentu kalian tidak dapat membuka iPhone yang dikunci menggunakan sidik jari (harus memasukkan password secara manual), tidak dapat menggunakan sidik jari untuk mengonfirmasi login maupun pembayaran, menggunakan fitur untuk mengunci aplikasi dengan sidik jari, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sensor sidik jari.

Selain fitur keamanan seperti membuka iPhone hingga mengonfirmasi login atau pembelian, kekurangan yang dimiliki oleh iPhone tanpa Face ID bisa dikatakan lebih banyak lagi, karena Face ID bukan hanya digunakan sekedar sebagai keamanan, melainkan digunakan juga untuk fitur pada kamera seperti mode Portrait maupun merekam Animoji.

Nah, bagaimana menurut kalian soal absennya fitur Touch ID dan Face ID? silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.