Alternatif Pengganti Fitur True Tone untuk iPhone dan iPad

iPhone dan iPad kalian tidak bisa menggunakan fitur True Tone entah karena rusak atau tidak mendukungnya? tidak masalah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan alternatif yang dapat kalian gunakan sebagai salah satu pengganti fitur True Tone.


Apa itu True Tone?

True Tone merupakan salah satu fitur layar yang saat ini banyak digunakan oleh iPhone dan iPad, untuk mengubah suhu warna, intensitas kecerahan, maupun titik putih pada layar secara dinamis, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitar secara otomatis. Berkat adanya fitur True Tone, warna pada layar iPhone maupun iPad akan terlihat lebih alami dan sangat nyaman untuk ditatap mata dalam jangka waktu yang lama.

Saat kondisi suhu cahaya diruangan atau sekitar lebih dingin (agak biru) maka tampilan layar iPhone dan iPad pun akan menyesuaikan ke suhu warna yang lebih dingin. Sedangkan apabila suhu cahaya sekitar lebih hangat (agak kuning), maka layar pun akan menyesuaikan ke suhu warna yang lebih hangat.

Night Shift sebagai alternatif True Tone

Nah, bagi yang iPhone dan iPad nya tidak memiliki fitur True Tone jangan berkecil hati, salah satu alternatif fitur yang dapat kalian gunakan (hampir sama) sebagai pengganti True Tone adalah fitur Night Shift.

Night Shift sendiri merupakan fitur yang digunakan untuk mengubah suhu warna pada layar agar lebih hangat atau kurang hangat (mengurangi cahaya biru). Triknya, karena fitur Night Shift khusus digunakan untuk mengatur suhu warna layar yang hangat, kalian dapat mengaktifkannya apabila kondisi suhu warna cahaya disekitar yakni lebih hangat, sedangkan apabila kondisi suhu warna cahaya disekitar lebih dingin kalian dapat menonaktifkannya.

Bagaimana cara mengaktifkan dan mengatur Fitur Night Shift? berikut caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone atau iPad

2. Kemudian masuk ke menu Tampilan & Kecerahan (Display & Brightness)

3. Selanjutnya pilih menu Night Shift


4. Jika sudah, aktifkan menu Aktifkan Manual Hingga Esok (Manually Enable Until Tomorrow)

Kalian bisa mengaturnya sesuai jadwal yang diinginkan dengan mengaktifkan menu Terjadwal.

5. Setelah itu, silakan atur intensitas kehangatan layar menjadi lebih kecil agar warna pada layar tidak terlalu kuning, untuk mengaturnya kalian bisa menggeser menu seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini ke arah lebih ke kiri atau kurang hangat.


Atur Suhu Warna layar sehingga menjadi tidak terlalu kuning namun tidak juga terlalu mendekati biru (mungkin sekitar 10% - 20%), silakan diatur sendiri sesuai dengan keinginan.

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kalian dapat mengatur jadwal kapan untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur Night Shift secara otomatis. Menurut Apple sendiri dengan mengaktifkan fitur Night Shift (membuat warna layar menjadi lebih hangat / kuning) dapat membantu kualitas tidur nyanyak dimalam hari.

Jadi bagaimana menurut kalian?

Kalau begitu sekian dulu informasi Fitur Alternatif Pengganti True Tone untuk iPhone dan iPad, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)