Cara Mengatasi Lubang Port Charger iPhone yang Rusak / Bermasalah

Lubang Charger atau Port Lightning pada iPhone tiba-tiba tidak bekerja? tidak mau ngecas, tidak mau mengisi daya, tidak mau tersambung ke earphone, dan lain sebagainya? jika ya, maka pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian coba lakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.


Restart iPhone

Restart (mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali) merupakan metode penanganan pertama dan salah satu cara ampuh untuk mengatasi masalah pada sistem iPhone yang mungkin saja menyebabkan tidak berfungsinya Lubang Port Charger.

Untuk merestart iPhone secara cepat, kalian dapat mengikuti metode Restart Paksa (Force Restart) berikut ini:

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Cek Fungsi Kabel atau Earphone

Lubang Charger pada iPhone memang cukup jarang bermasalah, sebaliknya masalah biasanya datang dari aksesoris seperti kabel atau earphone yang disambungkan.

Untuk itu pastikan kembali dengan mencoba menggunakan kabel charger atau earphone lainnya. Jika berhasil, maka lubang charger pada iPhone bisa dipastikan tidak mengalami masalah, sebaliknya ada kemungkinan aksesoris sebelumnya yang disambungkanlah yang bermasalah atau jika aksesoris tersebut masih baru mungkin juga tidak kompatibel.

Bagi yang sedang mencoba menghubungkan penyimpanan eksternal khususnya HDD eksternal, perlu diperhatikan bahwa tidak semua HDD dapat disambungkan secara langsung, selengkapnya: Tips Memilih Penyimpanan Eksternal untuk iPhone dan iPad

Bersihkan Port Charger iPhone

Kotor atau mengumpulnya debu pada lubang Port Charger iPhone, tidak jarang mengakibatkan konektor tidak terhubung dengan normal sehingga menyebabkan tidak berfungsinya Port Charger.

Silakan cek apakah terdapat banyak kotoran seperti debu atau kotoran-kotoran halus lainnya yang mengumpul di dalam lubang Port Charger iPhone. Apabila ditemukan banyak kotoran yang menyumbat, kemungkinan besar kotoran itulah yang menyebabkan masalah.

Untuk membersihkannya kalian dapat meniup hingga kotoran keluar, namun jika kotoran sudah mengeras, gunakan cotton buds kecil (ujungnya bisa dipotong menjadi 2 bagian agar muat) atau bisa juga menggunakan tusuk gigi kayu (sama seperti cotton buds, ujungnya bisa juga dipotong menjadi 2 bagian agar lebih mudah menjangkau sisi Lubang Port Charger).

Penting! bersihkan secara halus, perlahan, dan jangan ditekan terlalu keras / kasar, kemudian jangan menggunakan bahan yang dapat menghantarkan listrik ataupun membilasnya dengan air. (do with your own risk!)

Apabila Kemasukan Air

Port Charger iPhone tidak bekerja setelah kemasukan air? sangat disarankan untuk segera mematikan iPhone tersebut dan menunggunya hingga kering terlebih dahulu sebelum mencoba menyambungkannya kembali.

Apabila dalam beberapa hari Port Charger masih juga tidak bekerja, ada kemungkinan telah terjadi kerusakan pada Port Charger tersebut.

Solusi Terakhir

Sudah mencoba menghubungkan beragam aksesoris seperti kabel, earphone, dan lain sebagainya yang sudah dicoba bekerja di iPhone lainnya, namun tidak juga membuahkan hasil di iPhone kalian? sudah juga mencoba membersihkan lubang port charger iPhone hingga bersih namun hasilnya tetap tidak ada?

Jika begitu, maka solusi terbaik saat ini adalah dengan membawa iPhone tersebut ke service center Apple authorized yang ada di Indonesia atau ke tempat reparasi smartphone terpercaya, untuk dicek lebih pasti penyebab kerusakannya.