Tips Memilih Penyimpanan Eksternal untuk iPhone dan iPad

Bagi yang ingin menggunakan penyimpanan eksternal tambahan entah untuk membackup data-data seperti foto, video, dokumen, mentransfer data dari penyimpanan eksternal ke iPhone dan lain sebagainya, pada postingan kali ini admin akan membagikan tips memilih penyimpanan eksternal yang cocok untuk iPhone, iPad dan iPod touch kalian.


Untuk saat ini terdapat dua pilihan penyimpanan eksternal terbaik untuk iPhone dan iPad kalian, pertama ada SSD Eksternal kemudian ada HDD Eksternal, tentu saja kalian dapat menggunakan keduanya namun ada beberapa perbedaan penting sebelum memilih salah satu dari penyimpanan tersebut.

Mobilitas dan Kemudahan

> SSD Eksternal

SSD Eksternal yang menggunakan konektor Type C adalah yang paling di rekomendasikan, kalian cukup menghubungkan SSD Eksternal langsung ke dalam iPhone atau iPad menggunakan kabel Lighting to USB 3 Camera Adapter.

> HDD Eksternal

Bagi yang ingin menggunakan HDD Eksternal sama juga seperti SSD eksternal kalian membutuhkan konektor Lighting to USB 3 Camera Adapter, namun bedanya kalian tidak bisa menghubungkannya secara langsung tetapi membutuhkan bantuan sambungan dari charger agar HDD Eksternal dapat terbaca, hal ini disebabkan arus daya yang dibutuhkan oleh HDD Eksternal lebih besar daripada SSD Eksternal.

Berikut adalah tampilan dari Lighting to USB 3 Camera Adapter :


Untuk cara lengkap menghubungkan antara SSD Eksternal atau HDD Eksternal ke iPhone, iPad dan iPod touch, serta apa saja yang dibutuhkan kalian bisa membaca postingan berikut : Cara Menghubungkan Penyimpanan Eksternal ke iPad dan iPhone

Performa / Kecepatan Transfer

SSD Eksternal memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih cepat ketimbang HDD Eksternal, bahkan kecepatannya bisa lebih dari 3 kali lipat lebih cepat. SSD Eksternal ini sangat cocok bagi kalian yang sering melakukan transfer data-data berukuran besar, terutama video dengan kualitas 4K. Sedangkan HDD Eksternal cocok buat kalian yang sekedar ingin membackup data-data dalam jumlah yang besar.

Kapasitas dan Harga

Harga dari SSD Eksternal untuk saat ini bisa dibilang cukup mahal, bahkan dengan harga yang sama kalian bisa mendapatkan kapasitas hingga 4 kali lipat lebih besar untuk HDD Eksternal. Kembali lagi seperti yang tadi admin sampaikan, jika memang mobilitas kalian tinggi SSD Eksternal adalah pilihan yang tepat, namun apabila hanya untuk sekedar mengamankan data-data penting HDD Eksternal bisa menjadi pilihan yang baik dengan harga yang jauh lebih murah dan pilihan kapasitas yang jauh lebih besar.

Ketahanan

Satu hal yang tidak kalah penting adalah ketahanan, ada dua perbedaan besar antara SSD Eksternal dan HDD Eksternal dalam urusan ketahanan.

> SSD Eksternal sendiri memiliki ketahanan yang jauh lebih baik ketimbang HDD Eksternal, sebab komponen penyusun SSD Eksternal tidak menggunakan part yang mudah pecah atau rentan benturan, sehingga dalam beberapa kasus SSD Eksternal lebih tahan banting di berbagai macam kondisi, entah tidak sengaja terjauh bahkan terpapar panas ekstrim sekalipun. Ukuran dari SSD Eksternal juga lebih kecil, ringan dan ramping.

> HDD Eksternal sama seperti HDD pada umumnya yang menggunakan piringan magnetis untuk menyimpan data, banyak komponen bergerak pada HDD Eksternal yang rentan rusak bahkan pecah jika terjadi benturan yang cukup keras, sehingga apabila kalian sering traveling dengan membawa penyimpanan tambahan kalian harus ekstra hati-hati dalam menjada HDD Eksternal, jika sulit kalian bisa menggunakan SSD Eksternal yang lebih tahan banting.

Kesimpulan :

Kalian bisa mempertimbangkan memilih SSD Eksternal apabila :

  • Menginginkan performa dan kecepatan transfer data yang cepat
  • Lebih mudah digunakan dan dihubungkan tanpa power tambahan
  • Lebih kuat serta tahan benturan
  • Sering di bawa traveling
  • Perawatan yang terkesan lebih mudah
  • Memiliki dana lebih

Kalian bisa mempertimbangkan memilih HDD Eksternal apabila :

  • Digunakan untuk membackup data-data penting dalam jumlah yang besar
  • Ingin menyimpan data-data penting dalam jangka waktu yang lebih lama
  • Harga yang lebih murah untuk kapasitas yang besar

Bagaimaan menurut kalian? kalau admin sendiri lebih memilih SSD Eksternal jika memang hanya digunakan untuk membackup dan memindahkan data-data secara cepat, dan HDD Eksternal untuk membackup banyak foto, video maupun project-project lainnya dalam ukuran yang besar. Tetapi semua kembali lagi ke pilihan masing-masing. Ada dana lebih? kalian bisa mendapatkan SSD Eksternal berkapasitas besar hingga 4TB atau lebih namun dengan harga yang berlipat-lipat lebih besar dibandingkan dengan HDD Eksternal.

Baik sekian dulu tips memilih penyimpanan eksternal untuk pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.