Cara Backup Kontak, Catatan, Foto dll. ke iCloud di iPhone dan iPad

Bagi pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad yang ingin membackup data-datanya agar tidak hilang, kalian bisa memanfaatkan fitur penyimpanan iCloud. Fitur penyimpanan iCloud ini akan aktif ketika kalian memasukkan Apple ID ke dalam iPhone, iCloud juga secara otomatis akan membackup data-data seperti kontak, catatan, foto, memo suara dan masih banyak lagi yang lainnya.


Nah untuk memastikan apakah iCloud sudah membackup data-data seperti kontak, catatan, foto kalian ke dalam iCloud, silahkan ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Backup Kontak, Catatan, Foto dll. ke iCloud di iPhone dan iPad

#1 : Pertama silahkan sambungkan perangkat kalian ke Wi-Fi lalu buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian tap pada akun Apple ID (iCloud dll.) yang berada dibagian paling atas

#3 : Jika sudah silahkan pilih menu iCloud lalu pastikan semua data yang ingin di backup sudah dalam posisi menyala


#4 : Pada menu Cadangan iCloud silahkan tap Cadangkan Sekarang untuk memulai backup data pada iPhone secara manual


Ingat ya, maksimal penyimpanan iCloud yang di berikan oleh Apple secara gratis hanya sebesar 5GB, sedangkan data-data media yang di backup hanya berupa foto saja, untuk video silahkan kalian backup ke dalam komputer melalui iTunes.

Pencadangan otomatis biasanya akan berjalan dimalam hari ketika iPhone sudah tidak digunakan dan iPhone terhubung ke jaringan WiFi, untuk backup data yang lebih lengkap kalian bisa menggunakan iTunes di komputer atau Finder di Mac untuk membackup seluruh data pada iPhone kalian secara lengkap.

Bagi kalian yang ingin mengecek data-data yang tersimpan di akun iCloud, kalian bisa menggunakan cara pada postingan berikut : Cara Memindahkan File (foto, kontak, dll.) dari iCloud ke Komputer

Baik sekian informasi cara backup data-data pada iPhone, iPad dan iPod touch kalian ke iCloud, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.