Apa Arti dan Fungsi dari Low Power Mode pada iPhone?

Pernahkah kalian menemukan menu Low Power Mode atau Mode Daya Rendah pada aplikasi Pengaturan atau Control Center iPhone, bingung dengan apa arti dan maksud dari menu tersebut? berikut penjelasannya.


Apa Arti dan Fungsi dari Low Power Mode (Mode Daya Rendah) pada iPhone?

Low Power Mode atau Mode Daya Rendah adalah fitur yang digunakan untuk menghemat baterai iPhone. Ketika diaktifkan iPhone akan menonaktifkan sementara proses-proses yang dapat menguras banyak baterai dan menerapkan beberapa pengaturan tertentu yang dapat membantu menghemat baterai.

Beberapa proses yang diubah sementara seperti:

  • Mengurangi waktu kunci layar menjadi 30 detik
  • Mengurangi kecerahan maksimal layar
  • Mengurangi performa maksimal
  • Menonaktifkan download, update, dan backup otomatis
  • Menonaktifkan fetch dan push email
  • Menonaktifkan background app refresh
  • Menonaktifkan efek pada layar (efek zoom perspektif wallpaper)

Umumnya Low Power Mode ini secara otomatis akan aktif ketika baterai iPhone telah menyentuh angka 20%. Sedangkan ketika diisi daya Low Power Mode akan dinonaktifkan atau kalian dapat menonaktifkannya kapanpun secara manual.

FYI: Low Power Mode ini hanya tersedia eksklusif bagi pengguna iPhone saja (tidak tersedia di iPad atau iPod touch)

Nah, bagaimana apakah sudah mengerti soal fitur Low Power Mode pada iPhone? ya, fitur ini dapat kalian aktifkan apabila ingin menghemat baterai iPhone, misalnya ketika sedang jauh dari sumber pengisian daya atau saat sedang bepergian.

Low Power Mode atau Mode Daya Rendah dapat kalian aktifkan melalui aplikasi Pengaturan > Baterai atau icon baterai pada Control Center.


Mode Gelap untuk Hemat Baterai

Sebagai informasi tambahan, khusus untuk iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max, kalian dapat mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) untuk membantu menghemat baterai.

Lho kok bisa? sederhananya karena layar OLED sebenarnya tidak dalam keadaan menyala ketika menampilkan tampilan warna hitam pada layar.