Cara Setting APN / Personal Hotspot XL di iPhone dan iPad

Access Point Name disingkat APN, merupakan konfigurasi yang nantinya digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.

Salah satu fungsi penting mengatur APN adalah untuk mengaktifkan fitur Personal Hotspot / Hotspot Pribadi bagi pengguna iPhone dan iPad. Fitur Personal Hotspot sendiri berfungsi untuk membagikan internet dari iPhone kalian ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, Kabel, hingga Bluetooth.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara setting / mengatur APN XL di iPhone dan iPad, khususnya untuk mengaktifkan fitur Personal Hotspot / Hotspot Pribadi. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Setting APN / Personal Hotspot XL di iPhone dan iPad

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan iPhone / iPad

2. Lalu masuk ke dalam menu Seluler > Jaringan Data Seluler

3. Selanjutnya silakan masukan APN XL pada kolom APN yang tersedia, khususnya pada menu Hotspot Pribadi

Masukan / ketikan APN berikut ke dalam seluruh kolom APN yang tersedia: 

  • internet

Untuk informasi APN selengkapnya, kalian bisa mencoba menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

Nama Pengguna, Kata Sandi, dan lain sebagainya tidak perlu diisi, berikut contohnya:


4. Jika sudah, untuk menyegarkan kembali jaringan silakan restart jaringan dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


5. Untuk menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul, silakan coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone.

Tutorial Video


Baik, itu saja informasi cara setting atau mengatur APN Personal Hotspot XL di iPhone dan iPad. Apabila ada informasi yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!