Penyebab Battery Health iPhone Baru Cepat Turun / Berkurang

Battery Health atau Kesehatan Baterai adalah fitur yang digunakan untuk memonitor kesehatan baterai maupun kapasitas maksimum yang dapat ditampung oleh baterai iPhone. Semakin rendah kapasitas yang ditampilkan pertanda semakin rentan baterai akan menjadi semakin boros, bahkan jika sudah signifikan akan berdampak juga pada performa dan kualitas penggunaan iPhone.

Saat ini Battery Health merupakan hal yang sangat diperhatikan banyak pengguna iPhone, yakni sebagai indikator kualitas baterai bahkan iPhone itu sendiri. Seperti yang umum diketahui bahwa baterai adalah salah satu komponen penting, kualitas baterai yang rendah akan mempengaruhi kinerja serta waktu penggunaan yang jadi lebih singkat.


Salah satu kekhawatiran yang seringkali dialami oleh pengguna iPhone adalah menurunnya Battery Health, terutama jika hal tersebut dirasa terlalu cepat bahkan terjadi pada iPhone yang relatif masih baru.

Lalu apa sih penyebab Battery Health iPhone Baru cepat menurun dalam waktu yang cukup singkat, mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apakah hal ini menandakan adanya masalah pada baterai?

Penyebab Battery Health iPhone Baru Cepat Turun / Berkurang

1. Bug pada iOS

Bug dalam software (termasuk hardware) bisa dikatakan sebagai kecacatan desain sehingga menyebabkan informasi atau fungsi berjalan tidak sesuai.

Terjadinya Bug pada iOS juga dapat menjadi penyebab utama battery health pada iPhone baru terasa menurun lebih cepat. Sebagai contoh bukti, Apple merilis iOS 14.5 dengan fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai untuk mengatasi masalah ketidakakuratan informasi yang ditampilkan oleh Battery Health pada jajaran iPhone 11.


Nah, untuk mencoba mengatasinya cukup sederhana, silakan update ke iOS versi terbaru dan lihat apakah ada perubahan yang terjadi atau tidak, jika dirasa tidak cek kemungkinan selanjutnya berkut ini.

2. Lama Disimpan

Seiring bertambahnya umur kimia pada baterai lithium ion yang digunakan oleh iPhone, kemampuan untuk menyimpan dayanya tentu akan berkurang.

Khususnya bagi yang merasa penurunan battery health terjadi sangat cepat, misalnya dari 100% ke 99% (turun hanya 1%). Selain karena kondisi baterai sejak bawaan pabrik, ada kemungkinan besar iPhone yang kalian gunakan sudah lama disimpan atau diproduksi, sehingga saat waktu disimpan itulah battery health akan berkurang dengan sendirinya, dalam arti meskipun tidak digunakan.

Hasilnya iPhone baru tersebut di awal penggunaan battery health akan terasa turun lebih cepat, karena kapasitas yang sebenarnya memang sudah akan segera turun.

Jika ini yang memang terjadi, maka seharusnya penurunan battery health yang untuk selanjutnya akan berjalan relatif normal.

Hal ini umumnya terjadi pada iPhone yang sudah berusia lama sejak diperkenalkan atau diproduksi, meskipun iPhone memang masih dalam keadaan baru atau belum pernah digunakan.

3. Cacat Bawaan Pabrik

Apabila battery health pada iPhone baru kalian turun secara berkala dengan sangat cepat, misalnya dari 100% turun hingga 90% dalam waktu kurang dari 1 bulan serta ditandai dengan gejala baterai menjadi lebih cepat boros, iPhone menjadi cepat panas, bahkan hingga restart / mati sendiri, kemungkinan besar baterai mengalami cacat bawaan pabrik.

Sebagai solusi, apabila masih dalam masa garansi bisa digaransikan dengan keluhan baterai yang boros, iPhone yang lebih cepat panas, restart atau mati sendiri, dengan bukti kuat bahwa battery health menurun drastis dalam waktu yang singkat.

4. Faktor Pendukung Lainnya

Meskipun seharusnya terjadi untuk penggunaan jangka panjang, namun beberapa faktor dibawah berikut mungkin mendorong cepatnya battery health pada iPhone baru untuk menurun.

  • Kebiasaan menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Sering membiarkan iPhone terus diisi daya meskipun telah penuh 100%
  • Sering juga menggunakan iPhone hingga baterainya benar-benar habis (hingga iPhone mati)
  • iPhone sering mengalami panas berlebih
  • Siklus pengisian daya yang sudah cukup banyak (sering dicas)
  • Sering menggunakan sumber daya (charger, powerbank, dll.) berkualitas rendah untuk mengisi daya iPhone

Sebagai informasi, baterai normal pada iPhone didesain untuk menyimpan sekitar 80% kapasitas awalnya (battery health 80%) pada 500 siklus pengisian daya lengkap.

Pengisian daya lengkap yakni hitungan untuk jumlah daya yang digunakan sebanyak 100% dan tidak dihitung untuk satu kali pengisian daya (berlaku untuk pengisian daya selanjutnya). Contohnya pengisian daya dari 70 - 100% (berarti dihitung 30% yang terisi), 20 - 90% (dihitung 70%), jika dijumlah dari contoh tersebut 30% + 70% = 100% atau 1 siklus lengkap pengisian daya.

Setelahnya siklus pengisian daya lengkap, apabila baterai iPhone terasa boros dan muncul gejala yang berhubungan dengan penurunan battery health yang terjadi secara signifikan, penggantian ke baterai yang baru sangat disarankan.


Bagaimana Solusinya?

Untuk menentukan sementara apakah kira-kira penyebab datang dari faktor pertama, kedua, ketiga, atau bahkan faktor pendukung seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut:

  • Update ke iOS versi terbaru
  • Hindari menggunakan sumber daya lainnya selain charger bawaan asli iPhone
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Hindari juga terus mengisi daya iPhone meskipun sudah penuh
  • Segera cas iPhone ketika baterainya telah menyentuh sekitar angka 20%
  • Kurangi panas berlebih pada iPhone dengan mengurangi kecerahan layar, tidak menggunakan dibawah terik sinar matahari berlama-lama, dll.

Baik itu saja informasi yang dapat Admin sampaikan soal Penyebab Battery Health iPhone Baru yang Cepat Menurun / Berkurang. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin punya kesimpulan sendiri, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.