Apakah Factory Reset Mengembalikan iOS Lama Bawaan iPhone?

Tidak sedikit pengguna iPhone, iPad, maupun iPod touch yang bertanya-tanya soal, Apakah Factory Reset iPhone, iPad, atau iPod touch ke Pengaturan Pabrik serta menghapus data-datanya akan mengembalikan iOS ke versi awal/bawaan pertama iPhone, iPad, atau iPod touch tersebut (downgrade iOS)?


Berikut jawabannya..

Apakah Factory Reset Mengembalikan iOS Lama Bawaan iPhone?

Tidak, Melakukan Factory Reset iPhone, iPad, atau iPod touch ke Pengaturan Pabrik tidak akan mengembalikan versi iOS ke versi saat bawaan iPhone, iPad, atau iPod touch tersebut pertama kali dibeli/dapatkan/rilis.

Setelah melakukan Factory Reset melalui aplikasi Pengaturan, iPhone tetap akan menggunakan versi iOS yang saat ini digunakan dan tidak akan berubah.

Ingin Downgrade ke iOS Versi Lama?

Bagi yang berniat untuk mengembalikan versi iOS pada iPhone, iPad, atau iPod touch ke versi awal atau bawaan saat perangkat tersebut dibeli/dapatkan, maka jawabannya sudah tidak bisa. Apple tidak mengizinkan penggunanya untuk menginstall kembali iOS versi lama, salah satu alasannya tentu saja untuk keamanan dan stabilitas perangkat.

iOS versi lama diketahui menyimpan cukup banyak bug serta celah keamanan yang mungkin membahayakan perangkat pengguna. Maka dari itu, pengguna tetap disarankan untuk menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia saat ini.

Melakukan downgrade versi iOS sebenarnya masih dapat dilakukan dengan syarat versi iOS yang akan diinstall masih diizinkan aksesnya oleh Apple, alias masih di-Sign.

Namun, izin downgrade tersebut biasanya hanya tersedia untuk versi iOS yang dirilis sebelum iOS versi paling terbaru tersedia. Misalnya iOS 14.7.1 telah dirilis dan kalian sudah menginstallnya namun tidak menyukai atau mengalami masalah pada versi iOS paling terbaru tersebut, Nah, di sini pengguna biasanya masih diizinkan untuk downgrade ke iOS versi sebelumnya, yakni 14.7 yang merupakan versi iOS sebelum update ke iOS 14.7.1. Meski begitu izin ini hanya untuk beberapa waktu ke depan yang cukup singkat sebelum akhirnya iOS 14.7 ditutup secara total akses downgradenya oleh Apple.

Bagi yang berniat downgrade ke iOS versi sebelumnya, bisa menggunakan cara-cara pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone