Apakah iPhone Harus Dimatikan Saat Dicharge?

Mungkin kalian pernah mendengar saran untuk mematikan hp atau iPhone ketika akan dicharge. Lalu apakah hal tersebut diperlukan dan apa saja keuntungan yang didapatkan dengan mematikan iPhone selama pengisian daya dilakukan? Berikut jawabannya..


Apakah iPhone Perlu Dimatikan Saat Dicharge?

Tidak perlu, kalian tidak perlu sama sekali mematikan iPhone ketika sedang dicharge. Tidak banyak keuntungan yang didapatkan dengan mematikan iPhone ketika proses pengisian daya/charging dilakukan.

Keuntungan Mematikan iPhone Saat Dicharge

Kelebihan ketika mematikan iPhone selama dicharge hanyalah untuk sedikit mempercepat proses pengisian daya dan mungkin juga membuat iPhone sedikit lebih dingin. Hal ini dapat terjadi karena iPhone tidak mengkonsumsi banyak daya Baterai ketika dimatikan, misalnya untuk mencari sinyal agar tetap terhubung, menerima atau mengirimkan notifikasi, backup/update otomatis, dan lain sebagainya, sehingga Baterai menjadi lebih cepat penuh.

Namun begitu tetap saja, dampaknya tidak terasa secara signifikan.

Mengapa Tidak Perlu Mematikan iPhone Saat Dicharge?

Perbedaan waktu ketika ngecas iPhone dalam keadaan menyala atau dimatikan tidaklah berbeda jauh atau mungkin hanya lebih cepat beberapa menit. Di samping itu kalian juga tidak dapat melihat indikator sudah sejauh mana Baterai iPhone terisi.

Untuk urusan Kesehatan Baterai hasilnya mungkin tidak akan berbeda jauh bahkan kalian tidak akan melihat dampaknya sama sekali ke Kesehatan Baterai iPhone.

Kalian hanya akan kehilangan moment untuk menerima apabila ada pesan terbaru atau panggilan telepon yang masuk. Selain itu perlu diketahui juga bahwa saat akan dinyalakan kembali, iPhone umumnya secara singkat akan mengkonsumsi banyak daya Baterai untuk mempersiapkan dan menjalankan kembali sistem operasi.

Jadi, tidak banyak keuntungan untuk mematikan iPhone saat dicharge, kecuali untuk alasan tertentu misalnya tidak ingin diganggu oleh notifikasi, panggilan telepon, dan lain sebagainya.

Mempercepat Pengisian Daya Tanpa Mematikan iPhone

Nah, ingin agar pengisian daya iPhone lebih cepat? solusi pertama yakni dengan mengaktifkan Mode Daya Rendah, yaitu fitur yang digunakan untuk menghemat penggunaan Baterai iPhone dengan menonaktifkan aktivitas latar belakang yang berpotensi mengkonsumsi banyak Baterai. Untuk mengaktifkannya tap icon Baterai pada Pusat Kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai.

Selanjutnya kalian juga dapat menonaktifkan sinyal/jaringan dengan mengaktifkan Mode Pesawat yang dapat sedikit mempercepat pengisian daya Baterai. Bila iPhone terasa menghangat ketika dicharge, kalian juga dapat melepas case iPhone hingga pengisian daya selesai.

Solusi lainnya yakni dengan menggunakan Adaptor Fast Charging yang memungkinkan iPhone untuk mengisi daya Baterai dengan cepat, bahkan sebanyak 50% hanya dalam waktu 30 menit saja (kecepatan tersebut hanya berlaku untuk iPhone 8 atau lebih baru).