Cara Agar iPhone Tidak Cepat Habis Baterai/Tidak Boros

Baterai iPhone terasa boros dan cepat habis? jika ya maka kalian tidaklah sendiri, borosnya Baterai masih menjadi salah satu masalah utama bagi para pengguna Smartphone, khusus pada postingan kali ini yakni pengguna iPhone.

Faktor Utama yang Menyebabkan Baterai iPhone Cepat Habis/Boros


Penggunaan, model, serta usia dan kesehatan baterai iPhone merupakan faktor yang sangat mempengaruhi boros atau tidaknya Baterai.

1. Penggunaan

Salah satu contoh penggunaan yang membuat baterai iPhone cepat habis diantaranya seperti menggunakan kecerahan layar yang tinggi, mengaktifkan fitur konektivitias yang sedang tidak digunakan, menginstall banyak aplikasi yang dapat menguras baterai secara diam-diam (misalnya sosial media), dan lain sebagainya.

2. Model iPhone dengan Kapasitas Baterai yang Kecil

Saat ini Apple seringkali merilis generasi iPhone terbaru dengan beberapa pilihan model, mulai dari yang ukurannya kecil (kapasitas baterainya kecil) hingga ukuran yang terbesar (kapasitas baterainya ikut membesar).

3. Usia iPhone serta Kesehatan Baterainya

Semakin tua usia iPhone maka kesehatan baterainya akan semakin menurun. Penurunan kesehatan baterai iPhone seringkali ditandai dengan semakin borosnya Baterai, hal ini dapat terjadi karena daya tampung maksimal pada Baterai telah berkurang secara permanen seiring dengan waktu dan penggunaan sehari-hari.

Cara Agar iPhone Tidak Cepat Habis Baterai/Tidak Boros


Ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan Baterai iPhone supaya tidak boros atau cepat habis.

Kalau begitu langsung saja, berikut tips supaya baterai iPhone tidak cepat habis atau boros.

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu terang dapat secara signifikan menguras baterai serta membuat layar iPhone menghangat bahkan panas.

Jadi, disarankan untuk mengurangi kecerahan layar iPhone terutama apabila sedang berada di dalam ruangan. Jika perlu, aktifkan fitur Kecerahan Otomatis agar iPhone dapat menyesuaikan kecerahan layarnya mengikuti pencahayaan di sekitar pengguna.

Cara mengaktifkan Kecerahan Otomatis silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian cari dan aktifkan menu Kecerahan Otomatis.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah atau Low Power Mode merupakan fitur yang digunakan untuk menghemat penggunaan Baterai iPhone, dengan menonaktifkan beragam aktivitas di latar belakang yang berpotensi menguras banyak daya.

Mode Daya Rendah dapat diaktifkan melalui Pusat Kontrol atau silakan buka aplikasi Pengaturan > Baterai.


Namun, beberapa pengguna mungkin tidak menyukai fitur Mode Daya Rendah, karena seperti yang diketahui bahwa fitur ini akan mengurangi kecerahan layar maksimal serta mengurangi performa maksimal iPhone.

Sebagai solusinya, kalian dapat melakukannya secara manual melalui langkah selanjutnya.

Hapus Aplikasi yang Sudah Tidak Diperlukan

Beberapa aplikasi terutama yang masuk kategori sosial media, seringkali menguras daya Baterai lebih banyak dari aplikasi lainnya. Hal ini tidak jarang karena aplikasi tersebut seringkali berjalan di latar belakang dengan mengupdate atau mengambil informasi terbaru untuk mengirimkannya melalui notifikasi.

Menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan (khususnya Sosial Media) dapat mengurangi boros pada Baterai, bahkan dalam beberapa kasus hal ini dapat terjadi secara Signifikan.

Nonaktifkan Konektivitas yang Sedang Tidak Digunakan

Jika memungkinkan silakan nonaktifkan konektivitas pada iPhone yang sedang tidak digunakan, misalnya Bluetooth atau WiFi.


Apabila sedang berada di rumah dengan internet berasal dari jaringan WiFi, kalian dapat mempertimbangkan untuk menonaktifkan Data Seluler atau langsung menggunakan Mode Pesawat.

Dengan aktifnya Mode Pesawat serta menggunakan internet yang berasal dari WiFi, dapat secara signifikan menghemat penggunaan Baterai iPhone.

Namun, tentu jaringan seluler tidak akan tersedia selama Mode Pesawat diaktifkan, sehingga iPhone tidak dapat menerima panggilan telepon seluler ataupun menerima SMS. (Panggilan Telepon atau Pesan yang menggunakan Internet misalnya dari WhatsApp, tentu tidak akan terpengaruh selama iPhone masih terhubung ke Internet).

Nonaktifkan Update, Download, dan Backup Otomatis

iPhone secara otomatis akan mendownload dan mengupdate aplikasi, iOS, serta membackup file ke iCloud apabila terhubung ke jaringan WiFi atau pengisian daya.

Menonaktifkan update, download, dan backup otomatis dapat menghemat penggunaan Baterai. Jadi, pertimbangkan untuk melakukannya secara manual dan menonaktifkan update, download, dan backup otomatis tersebut. Caranya:

  • Update Aplikasi: Pengaturan > App Store
  • Update iOS: Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis
  • Backup Otomatis: Pengautran > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud > Foto atau Cadangan iCloud

Atur Push dan Fetch Akun Menjadi Secara Manual

iPhone secara otomatis akan mengambil/menerima data baru dari server untuk beragam layanan seperti Kalender, iCloud, hingga Email. Untuk menghemat penggunaan Baterai, pengguna dapat mengaturnya menjadi Manual saja.

Caranya langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru lalu nonaktifkan fitur Push dan ubah seluruh menu Fetch menjadi Manual.

Gunakan Mode Gelap/Dark Mode

Khusus bagi pengguna iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max, dapat menggunakan Mode Gelap atau Dark Mode untuk menghemat penggunaan Baterai.

Mengapa? berbeda dengan LCD, layar OLED terbuat dari bahan organik serta memancarkan cahaya pikselnya sendiri, saat menampilkan warna hitam piksel tersebut sebenarnya tidak dalam keadaan menyala sehingga menggunakan Mode Gelap dapat mengurangi konsumsi daya baterai untuk layar.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap/Dark Mode bisa dilakukan melalui Pusat Kontrol atau langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.


Nonaktifkan Fitur Dengarkan "Hey Siri"

Pengguna iPhone dapat secara langsung mengaktifkan atau membangunkan fitur Siri dengan mengucapkan kata "Hey Siri".

Nah, apabila kalian menggunakan atau mengaktifkan fitur ini, sebaiknya dinonaktifkan untuk menghemat penggunaan Baterai. Caranya buka aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian lalu nonaktifkan fitur Dengarkan "Hey Siri".

Nonaktifkan Fitur Saran Siri

Siri akan menganalisis serta menyarankan hasil dipencarian atau aplikasi. Kalian dapat mencoba menonaktifkan fitur ini untuk menghemat penggunaan Baterai iPhone, khususnya untuk iPhone yang sudah berusia tua.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian.


Update ke iOS Versi Terbaru

Untuk hasil yang lebih optimal, disarankan untuk mengupdate versi iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Caranya mudah silakan siapkan konektivitas internet yang berasal dari WiFi (atau data seluler namun 5G) lalu sambungkan iPhone ke pengisian daya, kemudian buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika tersedia, silakan download dan install pembaruan yang tersedia tersebut.

Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai atau Battery Health merupakan fitur yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas maksimum yang masih dapat ditampung oleh Baterai. Untuk mengecek Kesehatan Baterai iPhone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Seperti yang diketahui bahwa daya tampung maksimal baterai dapat berkurang secara permanen seiring dengan waktu dan penggunaan. Apabila Kapasitas Maksimum Baterai pada iPhone telah menunjukkan angka di bawah 80%, maka disarankan untuk segera mengganti Baterai pada iPhone ke komponen Baterai yang baru.

Tips Tambahan

Sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone terlalu lama di bawah paparan sinar matahari langsung. Selain membuat iPhone cepat panas, kecerahan layar juga harus ditingkatkan agar pengguna dapat melihat tampilan pada layar dengan jelas. Hal ini tentu akan membuat Baterai menjadi sangat boros.

Untuk penggunaan jangka panjang, penting untuk mementingkan Kesehatan Baterai. Selengkapnya silakan cek melalui postingan berikut: Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Baik, itu saja informasi, tips, trik, dan cara agar iPhone tidak cepat habis atau boros Baterai. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.