Cara Mengatasi Fingerprint/Touch ID iPhone Tidak Berfungsi

Beberapa pengguna iPhone dengan Touch ID atau Fingerprint (pemindai sidik jari) seperti iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6/Plus, iPhone 6S/Plus, iPhone SE/2, iPhone 7/Plus, dan iPhone 8/Plus, melaporkan bahwa Fingerprint di iPhone mereka tiba-tiba tidak berfungsi dan mendeteksi sidik jari.

Di samping itu tidak jarang juga pengguna yang melaporkan bahwa fingerprint tiba-tiba tidak bekerja hanya ketika iPhone sedang dicharge (diisi daya/dicas) saja.

Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara yang dapat kalian coba gunakan untuk memperbaiki Fingerprint pada iPhone yang tidak berfungsi atau tidak mau membaca sidik jari. Jika beruntung, maka masalah fingerprint ini mungkin hanya disebabkan oleh bug pada sistem/iOS.

Fingerprint iPhone Tidak Berfungsi saat Dicharge

Fingerprint iPhone yang tidak berfungsi ketika iPhone dicharge biasanya disebabkan oleh kualitas Charger yang buruk, atau iPhone teraliri listrik statis (terasa nyetrum kalau disentuh) yang diakibatkan oleh kebocoran arus pada sumber daya yang terhubung misalnya dari laptop atau pc.

Solusinya coba gunakan Charger lainnya atau jika iPhone nyetrum ketika disentuh pastikan sistem grounding pada sumber listrik sudah benar.

Bersihkan Tombol/Area Fingerprint

Pertama-tama coba bersihkan terlebih dahulu area tombol sensor Fingerprint menggunakan kain yang halus dan kering.


Kotornya area Fingerprint dapat membuat sensor Touch ID kesulitan bahkan gagal membaca sidik jari pengguna.

Jangan Menekan Tombol Terlalu Lama

Saat mengaktifkan iPhone pastikan pengguna tidak menekan tombol Home terus-menerus, terlalu lama, atau terlalu kencang.

Cukup tekan tombol secara halus ketika akan menyalakan layar iPhone dan selanjutnya biarkan jari tetap berada pada pemindai sidik jari untuk beberapa saat sampai sensor berhasil membaca sidik jari.

Cek Pengaturan Fingerprint/Touch ID

Silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Touch ID & Kode Sandi lalu masukkan password iPhone dan pastikan Fingerprint kalian telah terdaftar dan telah diaktifkan untuk membuka iPhone (cek menu "Buka iPhone").

Daftarkan Ulang Sidik Jari

Silakan daftarkan ulang dengan memilih menu Tambah Sidik Jari, namun sebelum itu, silakan hapus terlebih dahulu sidik jari kalian yang sudah terdaftar dengan cara memilih menu sidik jari lalu tap menu Hapus Sidik Jari.


Restart iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, silakan restart iPhone atau matikan iPhone kemudian nyalakan kembali. Agar lebih cepat, kalian dapat menggunakan metode Force Restart berikut ini.

Untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone SE 2, dan lebih baru

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE, 6S Plus, 6S, 6, 6 Plus, 6, 5S, 5, dan lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol Home dan Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Setelah restart silakan lihat kembali hasilnya atau coba daftarkan kembali Fingerprint.

Update iOS ke Versi Terbaru

Selanjutnya coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru apabila tersedia. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila tersedia silakan download dan install pembaruan iOS tersebut dan lihat hasilnya.

Reset Pengaturan iPhone

Jika beruntung, kalian dapat mengatasi masalah Fingerprint dengan mereset Pengaturan iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Restore iPhone Melalui iTunes

Pertimbangkan untuk merestore atau menghapus seluruh data-data pada iPhone dan mengembalikan iPhone menjadi seperti bawaan pabrik melalui Mac atau PC dengan aplikasi iTunes.

Apabila masalah ini terjadi setelah iPhone menginstall update iOS versi terbaru, silakan lakukan downgrade apabila masih memungkinkan.

Selengkapnya silakan cek postingan berikut ini: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Solusi Terakhir

Cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil? jika begitu maka ada kemungkinan besar masalah datang dari salah satu komponen pada iPhone, entah itu layar, sensor Touch ID, dan lain sebagainya.

Disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple authorized di Indonesia atau layanan perbaikan terpercaya lainnya, agar dapat dicek lebih lanjut penyebab dan solusi untuk mengatasinya.