Cara Mengatasi Layar iPhone Gelap Sebelah/Sebagian

Sebagian kecil pengguna iPhone mungkin menghadapi masalah dimana layar pada iPhone mereka menjadi gelap/redup, entah hanya sebelah atau di bagian tertentu saja.


Masalah ini dapat disebabkan oleh beragam hal, umumnya karena Bug atau kesalahan pada Sistem/iOS hingga pertanda adanya masalah pada layar.

Nah, untuk mencoba mengatasi masalah layar iPhone yang redup, kalian dapat langsung mengikuti beberapa cara di bawah berikut ini.

Restart/Force Restart iPhone

Restart atau Force Restart merupakan proses yang digunakan untuk memulai ulang sistem pada iPhone. Apabila terjadi masalah karena bug pada sistem, diharapkan restart dapat memperbaiki masalah tersebut.

Untuk merestart iPhone, sederhananya kalian hanya perlu mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali, atau langsung saja ikuti cara Force Restart berikut untuk merestart iPhone secara cepat bahkan ketika iPhone tidak dapat merespon apapun.

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, dst.

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, 5, 5C, 4S, dst.

  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock bersamaan dengan tombol Home hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Setelah restart, apabila tidak berhasil, langsung saja ikuti cara selanjutnya.

Ubah mode Zoom Layar

Langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Lihat lalu ubah dari Standar ke Diperbesar (atau sebaliknya) lalu tap Atur > Gunakan Diperbesar.


Jika sudah silakan kembalikan lagi ke menu Standar lalu tap lagi Atur > Gunakan Standar dan lihat hasilnya.


Namun sebelumnya apabila kalian menggunakan mode Diperbesar silakan ubah ke Standar dan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Kecerahan Otomatis

Selanjutnya, untuk mencegah adanya bug pada fitur Kecerahan Otomatis, coba nonaktifkan fitur ini melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks, dan lihat kembali hasilnya.


Update ke iOS versi Terbaru

Coba update iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila tersedia silakan download dan install update iOS versi terbaru tersebut. Jika sudah selesai silakan lihat hasilnya.

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara di atas masih belum berhasil atau sudah menggunakan iOS versi paling terbaru, pertimbangkan untuk mencoba mengatur ulang pengaturan iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Solusi Terakhir

Cara-cara di atas tidak membuahkan hasil? ada kemungkinan besar bahwa layar pada iPhone mengalami masalah, entah itu karena usia atau kualitas layar, bawaan pabrik, terbentur/terjatuh, kemasukan air, dan lain sebagainya.

Untuk kasus karena kemasukan air, silakan coba matikan iPhone kemudian keringkan terlebih dahulu dan lihat kembali hasilnya.

Namun apabila masih dalam masa garansi, disarankan untuk segera menggaransikan iPhone tersebut. Jika tidak, silakan bawa ke service center authorized Apple di Indonesia atau layanan perbaikan terpercaya lainnya, agar dapat dicek penyebab dan solusi mengatasi masalah layar yang gelap sebelah/sebagian tersebut.