Cara Mengatasi Kamera iPhone yang Gelap

Kamera depan atau belakang iPhone menjadi gelap ketika mengambil foto, video, atau saat melakukan panggilan Video Call?


Jika ya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian coba untuk mengatasinya. Jika beruntung, gelapnya kamera iPhone hanya disebabkan oleh Bug/Kesalahan pada Sistem iOS saja dan dapat diatasi dengan sangat mudah.

Kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kamera Video iPhone Gelap? Pastikan Tidak dalam menu Slo-Mo

Tidak jarang pengguna iPhone terutama yang masih baru, secara tidak sengaja menggunakan mode Slo-Mo untuk merekam video.

Nah, pastikan kalian telah memilih mode Video untuk merekam video dan tidak sedang berada dalam mode Slo-Mo. Sebab mode Slo-Mo digunakan secara khusus untuk merekam efek gerakan lambat yang memang benar-benar membutuhkan banyak sumber cahaya.


Atur Pencahayaan Secara Manual

Melalui kamera bawaan iPhone, kalian dapat mengatur pencahyaan Foto atau Video secara manual, entah ingin dipergelap atau di buat menjadi lebih terang.

Caranya, silakan tap sembarang tepat pada layar Foto/Video, kemudian usap layar ke arah atas untuk membuat hasil menjadi lebih terang, dan usap ke bawah untuk membuat hasil menjadi lebih gelap.


Untuk mereset penchayaan kembali ke pengaturan default, cukup tap di sembarang tempat pada layar.

Atur Kecerahan Layar

Mungkin kecerahan layar pada iPhone secara otomatis redup ketika menggunakan kamera. Silakan cek kecerahan layar melalui Pusat Kontrol dan atur kecerahan ke posisi yang paling terang sesuai yang diinginkan.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah atau Low Power Mode secara tidak langsung akan menurunkan kecerahan layar iPhone. Meskipun tidak terlalu signifikan, kalian dapat mencoba membandingkannya ketika Mode Daya Rendah dalam keadaan aktif dan tidak.

Mode Daya Rendah dapat dinonaktifkan melalui Pusat Kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai.

Nonaktifkan/Aktifkan HDR Foto

Selain cara-cara di atas, khusus untuk Foto yang gelap coba aktifkan atau nonaktifkan HDR untuk Foto melalui Pengaturan > Kamera.


Apabila masih tidak ada perubahan, silakan lanjutkan cara di bawah.

Restart iPhone

Silakan restart iPhone dengan cara mematikannya kemudian menyalakannya kembali. Atau kalian dapat menggunakan cara Force Restart/Restart Paksa berikut ini.

Untuk iPhone 8, X, 11, SE 2, 12, dst.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  3. Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone7 dan 7 Plus

  1. Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, 5, dst.

  1. Tekan dan Tahan tombol Power/Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Update ke iOS versi Terbaru

Jika tersedia, coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila tersedia silakan download dan install pembaruan tersebut, jika sudah yang terbaru, lanjutkan cara di bawah.

Cek Melalui Aplikasi Kamera Lainnya

Coba download dan install aplikasi Kamera pihak ketiga apapun dari App Store (pilih yang gratis saja). Jika sudah coba buka aplikasi aplikasi Kamera yang baru saja didownload tersebut dan cek apakah Kamera iPhone masih gelap atau tidak.

Jika tidak gelap, berarti masalah ada pada aplikasi Kamera bawaan iPhone. Namun jika tidak, kemungkinan kamera iPhone lah yang bermasalah.

Reset Pengaturan iPhone

Sebelum melanjutkan ke cara di bawah, pertimbangkan untuk mereset Pengaturan iPhone kembali ke default (tanpa menghapus data seperti Foto, Aplikasi, dll.).

Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Downgrade/Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik

Cara ini dapat kalian pertimbangkan terutama apabila gelapnya Kamera terjadi setelah mengupdate ke iOS versi terbaru.

Silakan restore atau reset iPhone ke pengaturan pabrik melalui mac atau komputer dengan bantuan aplikasi iTunes. Namun ingat, cara ini akan menghapus seluruh data-data pada iPhone, jadi pastikan seluruh data telah dibackup/cadangkan sebelum melanjutkan.

Untuk restore/downgrade iPhone ke iOS versi sebelumnya, selengkapnya silakan ikuti cara-cara yang ada pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Solusi Terakhir...

Apabila setelah Downgrade iOS atau Restore iPhone ke pengaturan pabrik namun kamera iPhone masih gelap, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple authorized di Indonesia atau layanan terpercaya lainnya, agar dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakan serta solusi mengatasinya.

Baik itu saja cara mengatasi atau memperbaiki kamera iPhone yang gelap. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.