Cara Mengatasi Screen Record iPhone Tidak Tersimpan

Apakah video hasil Screen Recording atau Perekaman Layar di iPhone dan iPad kalian tidak tersimpan ke Galeri Foto? jika ya, maka kalian tidak sendiri, ada cukup banyak pengguna iPhone maupun iPad yang melaporkan hal serupa.


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hasil Screen Record/Perekaman Layar pada iPhone dan iPad kalian tidak tersimpan, mulai dari kapasitas penyimpanan yang tidak mencukupi hingga bug atau kesalahan sistem iOS.

Untuk memperbaikinya, kalian dapat mencoba beberapa cara di bawah berikut.

Cek Sisa Kapasitas Penyimpanan

Sebelum merekam layar pastikan kapasitas penyimpanan di iPhone kalian sudah mencukupi, apalagi jika berencana untuk merekam layar dengan durasi yang cukup panjang.

Merekam tampilan seperti game menghasilkan ukuran video yang cukup besar, bahkan untuk 15 menit perekaman dapat menghasilkan video berukuran sekitar 2 GB atau bahkan lebih besar lagi tergantung iOS dan model iPhone yang digunakan.

Restart iPhone

Apabila kapasitas penyimpanan masih cukup banyak tersedia bahkan perekaman layar singkat pun tidak tersimpan, maka ada kemungkinan masalah ini disebabkan oleh bug pada iOS/Sistem.

Untuk mengatasinya mudah sekali, langkah pertama silakan restart iPhone atau sederhananya silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali, atau kalian dapat menggunakan cara Force Restart berikut ini.

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, dan lebih baru

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Atas dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol Power/Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart)

Apabila tidak juga berhasil, silakan cek langkah selanjutnya.

Update ke iOS versi Terbaru

Ada kemungkinan versi iOS yang kalian gunakan saat ini mengalami masalah, sebagai solusinya silakan update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila tersedia silakan download dan install pembaruan terbaru tersebut menggunakan jaringan WiFi serta Baterai minimal 50% (direkomendasikan untuk menyambungkan ke pengisian daya).

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian bisa mencoba untuk me-reset Pengaturan iPhone (tanpa menghapus data) melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Setelah pengaturan iPhone direset silakan tambahkan kembali icon Screen Recording/Perekaman Layar melalui Pengaturan > Pusat Kontrol.

Reset/Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, pertimbangkan untuk me-reset/restore iPhone kembali ke pengaturan pabrik (seluruh data akan terhapus). Selain itu apabila masalah ini terjadi setelah mengupdate ke iOS versi terbaru, pertimbangkan untuk downgrade selagi masih bisa dengan menginstall IPSW atau file iOS sesuai versi yang diinginkan.

Selengkapnya dapat kalian cek melalui postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Baik, itu saja informasi cara mengatasi Screen Record, Screen Recording, Screen Recorder, atau Perekaman Layar di iPhone yang tidak tersimpan. Apabila ada yang ingin tanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.