Apakah iPhone yang Sudah Dijailbreak Bisa Dikembalikan Seperti Semula?

Jailbreak atau Jailbreaking iOS merupakan proses yang digunakan untuk membuka batasan-batasan yang ditetapkan oleh Apple.

Perangkat (iPhone, iPad, iPod touch, dll.) yang sudah di-jailbreak dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan seperti menginstall tema, mengubah tampilan (tweaking), menginstall aplikasi yang tidak ada di App Store, mengakses file sistem/root, dan lain sebagainya.


Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah setelah jailbreak iPhone dapat dikembalikan lagi seperti semula?

Apakah iPhone yang Sudah Di-Jailbreak Bisa Dikembalikan Seperti Semula?

Singkatnya iPhone, iPad, iPod touch, serta perangkat Apple lainnya yang sudah dijailbreak, dapat dengan sangat mudah dikembalikan seperti semula, bahkan tanpa meninggalkan jejak bahwa perangkat pernah dijailbreak sebelumnya.

Jailbreak iOS sendiri dilakukan pada level software atau perangkat lunak, yakni dengan memanfaatkan celah keamanan dan memodifikasi sistem operasi iOS. Pengguna cukup melakukan clean install iOS (Restore iOS) dengan Mode Recovery melalui aplikasi iTunes atau menginstall file iOS (IPSW) secara manual.

Apapun modifikasi, error, gagal update, dan lain sebagainya, selagi masih berhubungan dengan Software (tidak memodifikasi perangkat keras/komponen pada iPhone) dapat diperbaiki dengan sangat mudah dengan clean install iOS (Restore iOS).

Cara Mengembalikan iPhone yang Sudah Dijailbreak Seperti Semula

iTunes + IPSW

Admin secara pribadi lebih memilih metode clean install iOS secara manual menggunakan IPSW + iTunes.

Sebagai informasi, IPSW merupakan file iOS atau sistem operasi iOS itu sendiri yang nantinya digunakan untuk menginstall ulang iOS pada perangkat. Dengan menginstall iOS/IPSW maka sistem operasi iOS serta data-data yang sebelumnya ada di perangkat akan dihapus secara total, bersih, dan tanpa meninggalkan jejak apapun, sehingga iPhone menjadi baru kembali seperti bawaan pabrik.

Kelebihannya, prosesnya sangat mudah serta bisa memilih versi iOS yang diinginkan selagi masih di-sign oleh Apple. Namun untuk menggunakan metode mudah dan cepat ini, pastikan iPhone masih dalam keadaan masih dapat masuk ke Home Screen seperti biasa, apabila tidak silakan gunakan Metode Recovery.


Mode Recovery + iTunes (Optional: + IPSW)

Cara selanjutnya melalui metode Recovery, yakni iPhone harus dimasukkan ke dalam mode Recovery sehingga aplikasi iTunes dapat mendeteksi bahwa iPhone mengalami masalah dan butuh diinstall ulang (Restore iOS).

Kelebihannya cara ini yakni digunakan untuk memperbaiki sistem operasi iOS yang mengalami kerusakan entah karena gagal update, modifikasi akibat jailbreak, dll. yang mengakibatkan tidak bisa masuk ke menu utama atau stuck di logo Apple.

Di sisi lain pengguna juga dapat memilih versi iOS yang diinginkan dengan memilih dan menginstall file IPSW (tekan tombol Shift + klik menu Restore iPhone dan pilih file IPSW).


Kesimpulan...

Bagi yang berniat untuk melakukan Jailbreak, satu hal yang sangat disarankan dan perlu diperhatikan, yakni Backup seluruh data-data penting untuk menghindari risiko adanya kesalahan-kesalahan akibat jailbreak yang mengharuskan perangkat harus di clean install iOS (Restore iOS).

Nah, bagaimana menurut kalian, apakah berniat untuk melakukan jailbreak? silakan cek status serta cara jailbreak iOS melalui halaman berikut: Jailbreaking iOS