Cara Mengatasi Mobile Legends Sering Keluar Sendiri di iPhone

Tidak sedikit laporan dari pengguna yang mengeluhkan bahwa game Mobile Legends di iPhone mereka sering/suka keluar dengan sendirinya, entah itu sesaat setelah permainan dimulai, di tengah-tengah permainan, atau setelah permainan selesai.


Nah, untuk itu khusus pada postingan kali ini, Admin akan membagikan informasi seputar kemungkinan penyebab masalah tersebut dapat terjadi, serta cara-cara yang dapat kalian coba untuk mengatasinya.

1. Tutup Aplikasi Lainnya yang Masih Terbuka

Terkhusus untuk iPhone dengan usia yang tidak lagi baru, seperti iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus, disarankan untuk menutup aplikasi lainnya yang masih terbuka sebelum menjalankan game Mobile Legends.


Hal ini dilakukan guna mengosongkan RAM lebih banyak agar game dapat berjalan dengan baik. Namun apabila saran ini sudah dicoba dan tidak berhasil, lanjut ke cara selanjutnya.

2. Restart iPhone

Sudahkah kalian mencoba untuk merestart iPhone? sederhananya coba matikan iPhone kemudian nyalakan kembali, lalu jalankan game Mobile Legends dan cek hasilnya. Jika tidak berhasil juga, lanjut ke cara-cara di bawah.

3. Update Mobile Legends ke Versi Terbaru

Silakan buka aplikasi App Store lalu masuk ke halaman untuk mengupdate aplikasi/game, apabila tersedia langsung saja update game Mobile Legends ke versi terbaru.

4. Nyalakan/Matikan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah merupakan fitur yang digunakan untuk menghemat baterai iPhone dengan menonaktifkan sementara fitur-fitur yang menguras baterai, selain itu diketahui juga bahwa fitur ini akan mengurangi performa maksimal iPhone.

Nah, apabila kalian sering menyalakan fitur ini coba dinonaktifkan terlebih dahulu kemudian cek hasilnya. Begitu juga sebaliknya, silakan coba aktifkan fitur ini lalu jalankan kembali game Mobile Legends dan lihat hasilnya.

Tidak berhasil? lanjut ke cara di bawah...

5. Kurangi Pengaturan Grafik

Game akan semakin berat ketika kualitas/settingan grafik diatur lebih tinggi. Untuk itu khususnya untuk iPhone yang berusia cukup lama (misalnya iPhone 5S, iPhone 6, dll.), coba nonaktifkan dan atur beberapa fitur berikut dalam Pengaturan Grafis game Mobile Legends.

  • Atur Grafis ke Rendah
  • Aktifkan Pengoptimalan FPS
  • Nonaktifkan Outline
  • Nonaktifkan Mode HD
  • Nonaktifkan Mode HFR
  • Nonaktifkan Bayangan


Jika sudah coba jalankan kembali game dan lihat hasilnya.

6. Update ke iOS Versi Terbaru

Kalian bisa melewati langkah ini atau menukarnya dengan langkah ke 7 di bawah.

Untuk mengoptimalkan kinerja iPhone coba update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya, buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update), kemudian download dan install pembaruan apabila tersedia.

7. Install Ulang Game Mobile Legends

Untuk mencegah kesalahan akibat data-data yang telah menumpuk pada game, pertimbangkan untuk menginstall ulang game Mobile Legends dengan cara menghapusnya kemudian menginstallnya kembali melalui App Store.


8. Cek Kesehatan Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen penunjang yang sangat penting, terutama ketika bermain game. Baterai akan menyuplai daya ke seluruh komponen pada iPhone agar dapat bekerja secara optimal dan maksimal dalam menjalankan tugasnya, apalagi ketika bermain game yang menguras banyak daya.

Namun, apabila Kesehatan Baterai/Battery Health iPhone terdeteksi mulai menurun secara drastis, ada kemungkinan baterai tidak dapat lagi dengan normal menyuplai daya yang dibutuhkan oleh iPhone ketika menjalankan game. Hal ini seringkali terjadi terutama untuk iPhone yang sudah berusia cukup lama.

Tidak secanggih dengan iPhone-iPhone terbaru saat ini, iPhone yang sudah berusia lama seperti iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, bahkan hingga iPhone 6S dan iPhone 6S Plus sangat rentan mengalami masalah ketika kesehatan baterainya menurun. Salah satunya yakni ketika menjalankan game yang masuk kategori berat dan menguras banyak performa serta daya baterai.

Silakan cek Kesehatan Baterai di iPhone kalian melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery) > Kesehatan Baterai (Battery Health). Kesehatan Baterai/Kapasitas Maksimum pada baterai yang baik, yakni berada di atas 80%. Namun apabila sudah jauh di bawah 80%, penggantian baterai ke yang baru dan original diperlukan agar iPhone dapat berfungsi dengan normal kembali.


9. Apakah iPhone Di-Jailbreak?

Perlu diketahui bahwa tidak semua game serta aplikasi dapat dijalankan dengan normal pada iPhone yang sudah dalam status di-jailbreak. Bahkan beberapa developer sengaja tidak mengizinkan aplikasinya berjalan di perangkat yang sudah di-jailbreak.

10. Tunggu Hingga Update Selanjutnya

Khusus yang game Mobile Legends-nya keluar sendiri setelah update dan sudah mengikuti cara-cara di atas namun hasilnya tetap sama. Untuk saat ini kalian dapat bersabar menunggu hingga update game Mobile Legends selanjutnya tersedia di App Store.

Tips & Trik Tambahan

  • Coba mainkan game saat iPhone sedang dicharge
  • Coba aktifkan Mode Pesawat/Airplane Mode dan gunakan WiFi untuk menjalankan game
  • Usahakan iPhone tidak dalam kondisi yang terlalu panas saat menjalankan game (lepas case jika perlu)
  • Hapus aplikasi yang tidak diperlukan lagi dari iPhone
  • Pastikan tersisa ruang penyimpanan yang cukup di iPhone

Bagi yang masih menggunakan iPhone lama seperti iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus, mungkin pertimbangkan juga untuk upgrade ke iPhone yang lebih baru untuk meningkatkan pengalaman lebih baik lagi, khususnya dalam bermain game Mobile Legends.

Okee, itu saja informasi cara mengatasi game Mobile Legends yang sering/suka keluar sendiri. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.