Cara Mengembalikan Battery Health iPhone ke 100%

iPhone memiliki fitur Battery Health/Kesehatan Baterai yang digunakan untuk memantau kinerja serta kondisi Baterai. Salah satu fitur utama Battery Health adalah untuk memantau kapasitas daya yang masih dapat ditampung oleh Baterai, yakni "Maximum Capacity/Kapasitas Maksimum" yang umumnya disebut sebagai angka Battery Health/Kesehatan Baterai.


Penurunan Battery Health atau Daya Tampung Baterai iPhone

Seperti yang diketahui bahwa komponen Baterai sendiri secara pasti akan mengalami penurunan kemampuan dalam menyimpan daya seiring dengan penggunaan.

Sebagai contoh: Baterai iPhone memiliki label dengan kapasitas penyimpanan daya sebesar 3.000mAh dan ketika dicharge masih bisa menampung daya hingga 3.000mAh sesuai kapasitasnya (Battery Health/Kapasitas Maksimum/Maximum Capacity akan menampilkan angka 100%).

Namun, seiring dengan penggunaan Baterai mengalami penurunan kemampuan dalam menampung daya, yakni hanya dapat mengisi daya sampai 2.700mAh saja atau sekitar 90% dari daya tampung aslinya, sehingga Battery Health juga akan menampilkan angka Kapasitas Maksimum/Maximum Capacity sekitar 90%.


Agar tidak salah paham, meskipun Battery Health mengalami penurunan iPhone akan tetap mengisi daya ke 100%, hanya saja 100% tersebut kini sudah tidak lagi sesuai rating kapasitas daya asli komponen Baterai saat pertama kali digunakan/masih baru.

Dampak Penurunan Battery Health iPhone

Salah satu dampak utama yang pertama kali dirasakan ketika Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone menurun secara drastis adalah Baterai menjadi lebih Boros. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh Baterai yang sudah tidak dapat menampung daya sesuai dengan label aslinya.

Dalam kasus terburuk dampak Battery Health yang semakin jauh menurun dapat menyebabkan iPhone tidak dapat bekerja secara penuh/optimal.

Bagaimana Cara Mengembalikan Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone ke 100?


Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa penurunan daya tampung Baterai atau penurunan Battery Health/Kesehatan Baterai bersifat Permanen!

Sehingga satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone ke 100 lagi, adalah dengan mengganti komponen Baterai tersebut dengan yang Baru dan Resmi/Asli dari Apple.

Nah, mengapa harus yang resmi dan asli dari Apple? sebab pada umumnya iPhone tidak dapat membaca/mendeteksi kondisi kesehatan pada Baterai yang tidak resmi.

Tips Menambah Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone

Tips ini untung-untungan. Mengapa? sebab tidak jarang sistem pada iPhone salah atau kurang akurat dalam melaporkan angka Battery Health/Kesehatan Baterai.

Tips yang bisa kalian coba yakni dengan mengupdate ke iOS versi terbaru, sebab umumnya Apple lebih mengoptimalkan iOS versi terbaru dengan harapan bahwa laporan Kesehatan Baterai dapat berubah menjadi lebih baik dan akurat. Meski tidak jarang juga malah membuat laporan Battery Health menurun, entah karena laporan yang mungkin lebih akurat atau bug.

Di sisi lain melalui iOS 14.5 atau lebih baru, Apple menghadirkan fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai yang akan mengkalibrasi ulang laporan Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone. Sayangnya, sampai saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Selengkapnya: Cara Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone