Cara Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone

Melalui iOS 14.5 Apple memperkenalkan fitur yang berfungsi untuk mengkalibrasi ulang laporan kesehatan baterai (Battery Health) iPhone, termasuk untuk kapasitas maksimum serta kemampuan kinerja puncak baterai.


Kalibrasi kesehatan baterai berfungsi untuk mengatasi laporan perkiraan kesehatan baterai pada iPhone yang tidak akurat bagi sebagian pengguna, terutama saat ini untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Bagaimana Cara Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone?

Fitur kalibrasi kesehatan baterai untuk sementara hanya tersedia bagi pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Untuk cara kalibrasi kesehatan baterai pengguna cukup mengupdate iOS pada iPhone ke iOS 14.5 atau lebih baru, jika update sudah dilakukan maka secara otomatis iPhone akan mulai melakukan kalibrasi kesehatan baterai.

Proses kalibrasi kesehatan baterai dapat dilihat langsung melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai yang disertai juga dengan "Pesan Baterai Penting, Sistem pelaporan kesehatan baterai Anda sedang mengkalibrasi ulang Kapasitas Maksimum dan Kemampuan Kinerja Puncak. Proses ini dapat memerlukan waktu beberapa minggu. Lebih lanjut...".

Perlu diketahui juga, proses kalibrasi kesehatan baterai akan terjadi selama siklus pengisian daya dilakukan, yang artinya pengguna cukup mengisi daya baterai iPhone seperti biasanya.

Proses kalibrasi kesehatan baterai iPhone sendiri dapat memakan waktu hingga beberapa minggu.

Apabila Proses Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone Telah Berhasil / Selesai

Selesai dan berhasilnya proses kalibrasi kesehatan baterai iPhone ditandai dengan hilangnya "Pesan Baterai Penting...".

Selain itu pengguna juga dapat melihat bahwa angka kesehatan baterai (kapasitas maksimum) iPhone akan berubah atau diperbarui.

Karena tingkat akurasi laporan kesehatan baterai yang lebih akurat, tidak menutup kemungkinan bahwa angka kesehatan baterai iPhone akan bertambah atau meningkat.

Apabila Proses Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone Mengalami Kegagalan

Gagalnya proses kalibrasi kesehatan baterai iPhone akan ditandai dengan "Pesan Baterai Penting. Kalibrasi ulang sistem pelaporan kesehatan baterai tidak berhasil. Penyedia Servis Resmi Apple dapat mengganti baterai secara gratis untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh. Lainnya mengenai pilihan servis..."

Menurut Apple, pesan tersebut tidak menujukkan masalah keamanan pada baterai dan baterai tetap dapat digunakan. Namun pengguna mungkin akan mendapati masalah pada baterai dan kinerja iPhone yang lebih mencolok.

Apabila kesehatan baterai iPhone sudah menimbulkan masalah yang serius, disarankan untuk mengganti baterai ke penyedia layanan servis resmi Apple agar kapasitas dan performa baterai iPhone dapat kembali normal.