Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close di iPhone

Aplikasi/Game di iPhone dan iPad kalian sering mengalami Force Close atau keluar sendiri tanpa adanya pesan pemberitahuan apapun? jika ya, maka kalian tidak sendiri, di luar sana cukup banyak laporan mengenai iPhone yang sering mengalami Force Close.

Lalu apa sih yang menjadi penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut?

Penyebab iPhone Force Close


Force Close di iPhone dapat diakibatkan oleh beragam faktor, misalnya:

  • Bug atau masalah kompatibilitas pada aplikasi, game, hingga sistem iOS itu sendiri
  • Performa dan Daya iPhone tidak optimal karena kesehatan baterai yang menurun drastis
  • Aplikasi yang diinstall berasal dari luar App Store
  • Jailbreaking

Cara Mengatasi iPhone Force Close

1. Restart iPhone

Restart berfungsi untuk mengatasi beragam masalah pada sistem, yakni untuk menyegarkan kembali sistem pada iPhone. Hal ini dapat menjadi pilihan pertama untuk mengatasi iPhone yang sering Force Close.

2. Tutup Semua Aplikasi Lainnya yang Sedang Berjalan


Sebelum membuka aplikasi/game yang mengalami Force Close, coba tutup seluruh aplikasi/game lainnya yang masih terbuka.

3. Update atau Install Ulang Aplikasi

Apabila Force Close terjadi pada aplikasi/game tertentu saja, coba update aplikasi tersebut ke versi terbaru jika tersedia, atau pertimbangkan untuk menginstall ulang aplikasi yakni dengan menghapusnya kemudian menginstallnya kembali.

Namun apabila masih tidak membuahkan hasil juga, silakan tunggu hingga update berikutnya, masalah mungkin memang datang dari aplikasi/game tersebut.

4. Nonaktifkan/Aktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah atau Low Power Mode berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai iPhone dengan menonaktifkan beragam fitur yang diam-diam menggunakan banyak daya baterai. Di sisi lain mode ini diketahui juga menurunkan performa maksimal iPhone.

Nah, triknya, coba aktifkan atau nonaktifkan fitur Mode Daya Rendah dan lihat hasilnya. Apabila berhasil, hal ini mungkin terjadi karena Bug pada iOS atau baterai yang sudah bermasalah.


5. Update ke iOS versi Terbaru

Untuk mengantisipasi apabila diakibatkan oleh Bug pada sistem/iOS, coba update versi iOS di iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Caranya langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

7. Cek Kesehatan Baterai/Battery Health

Banyak pengguna iPhone yang tidak menyadari bahwa Kesehatan Baterai di iPhone mereka telah menurun dengan drastis. Penurunan Kesehatan Baterai/Battery Health dapat mempengaruhi kinerja iPhone, terutama saat iPhone membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan aplikasi khususnya game.

Untuk mengecek Kesehatan Baterai/Battery Health silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery) > Kesehatan Baterai (Battery Health).


Apabila menu Kapasitas Maksimum/Maximum Capacity telah menunjukkan angka jauh di bawah 80% atau muncul pesan peringatan baterai perlu diganti. Maka mengganti baterai iPhone ke yang baru adalah solusi yang tepat agar iPhone dapat berfungsi dengan normal kembali.

8. Hapus Jailbreak Jika Ada atau Install Tweak ByPass Deteksi Jailbreak

Aplikasi Force Close setelah jailbreak? pertimbangkan untuk menghapus akses jailbreak dari iPhone secara total atau menginstall tweak ByPass Deteksi Jailbreak.

Bagi yang ingin menghapus total jailbreak pada iPhone silakan cek ulasan no. 10 di bawah. Sedangkan bagi yang ingin mencoba bypass deteksi jailbreak oleh aplikasi, bisa cek postingan berikut untuk daftar tweak bypass deteksi jailbreak yang dapat kalian coba: Daftar Tweak Bypass Deteksi Jailbreak Pada Aplikasi dan Games

9. Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik

Terakhir, kalian dapat mencoba me-restore atau mereset iPhone kembali ke pengaturan pabrik. Semua data pada iPhone akan dihapus. Jadi, jika tertarik mencoba, pertama-tama silakan backup seluruh data-data penting terlebih dahulu.

Untuk menghapus atau mereset kembali iPhone ke pengaturan pabrik, terdapat dua cara yang Admin sarankan. Pertama melalui Pengaturan iPhone dan yang kedua melalui Komputer (clean restore via IPSW), cara kedua ini juga digunakan untuk menghapus total jailbreak pada iPhone.

Bagi yang ingin mereset/me-restore iPhone secara langsung melalui Pengaturan disarankan untuk membackup seluruh data-data terlebih dahulu. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) Transfer atau Atur Ulang iPhone (Transfer or Reset iPhone) > Hapus Konten & Pengaturan (Erase All Content and Settings).

Untuk merestore iPhone melalui komputer via iTunes + IPSW kalian bisa baca caranya pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

10. Bawa ke Service Center Apple Authorized


Apabila semua cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple Authorized atau layanan perbaikan yang sudah terpercaya agar dapat dicek lebih lanjut penyebabnya.

Penutup...

Dari banyak laporan yang Admin temui bahwa masalah Force Close pada iPhone ini seringkali dialami oleh iPhone yang sudah berusia cukup lama ketika digunakan bermain game, sebagai contoh iPhone 6, iPhone 5S, dan lain sebagainya. Hal ini sebelumnya sudah pernah Admin bahas pada postingan berikut: Pengguna iPhone 6 Keluhkan Game Sering Force Close / Keluar Sendiri

Faktor-faktor penunjang lainnya yang mungkin saja menjadi penyebab iPhone sering Force Close diantaranya: usia dan performa/kinerja iPhone yang tidak lagi sanggup menjalankan game atau aplikasi tertentu, adanya tanda kerusakan pada iPhone, aplikasi/game kurang optimal dijalankan pada model iPhone tertentu entah karena masih terlalu baru atau sebaliknya, dan faktor yang sulit diketahui lainnya.

Maka dari itu cara no. 10 di atas sangat disarankan apabila seluruh cara-cara yang bisa dilakukan sudah dilakukan namun tidak juga berhasil.

Baik itu saja informasi penyebab dan cara mengatasi Force Close di iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.